Kejar Target, Bapenda Makassar Perluas Basis Pajak

05 December 2017 16:05
Kejar Target, Bapenda Makassar Perluas Basis Pajak

POSMA, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar merencanakan nilai Anggaran Pembangunan dan Belanja Daerah (APBD) Pokok 2018 senilai Rp 4,07 triliun. Sedangkan khusus untuk sektor pajak daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar ditarget pemasukan Rp 1,15 triliun.

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Suwiknyo Hardjo Suwarno mengatakan, pada APBD Pokok 2018 ini direncanakan pendapatan daerah Rp 3,89 triliun lebih dan belanja daerah direncanakan Rp 4,07 triliun lebih atau mengalami defisit Rp 178 miliar yang ditutupi melalui pembiayaan netto.

Menurutnya, dibanding dengan APBD Perubahan tahun 2017 yang ditetapkan Rp 3,69 triliun lebih maka terdapat peningkatan Rp 385,24 miliar atau meningkat sebesar 9,45 persen.

Pajak Daerah yang terdiri dari 11 item, katanya, direncanakan Rp1,15 triliun mengalami peningkatan Rp96 miliar atau 9,05 persen dibandingkan APBD P tahun 2017 yang nilainya Rp1,05 triliun lebih.

“Kita tunggu saja hasilnya. Baru direncanakan Rp 1,15 triliun untuk pajak daerah. Yang jelas, untuk mencapai target itu Bapenda bakal memaksimalkan perluasan basis pajak. Misalnya dengan melakukan pendataan bagi usaha yang belum tersentuh pajak. Selain itu, pihaknya bakal melakukan perubahan struktur tarif,” papar Suwiknyo.

Salah satu upaya kearah itu, tambahnya, kini perda pajak daerah telah direvisi untuk mendukung upaya perubahan struktur tarif, memperluas basis pajak, dan termasuk untuk memaksimalkan pungutan pajak.

“Tapi, pengenaan tarif pajak ini juga harus sesuai kondisi yang ada, untuk menjamin iklim usaha tetap kondusif atau tidak terganggu,” ucap Suwiknyo.

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Irwan Adnan mengatakan, pihaknya telah melakukan penarikan pajak dari seluruh sektor pajak. Capaian sampai bulan November tembus Rp 800 miliar. Dibanding tahun lalu dibulan yang sama hanya Rp 600 miliar.

“Ini berkat kerja keras tim, apalagi sudah ada laskar pajak sehingga target untuk akhir tahun insya Allah bisa tembus Rp 1 triliun,” ucap Irwan Adnan. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya