Fasum Di Manggala Menjadi Ruko, Kejari Indikasi Ada Tindak Pidana

08 December 2017 15:17
Fasum Di Manggala Menjadi Ruko, Kejari Indikasi Ada Tindak Pidana

POSMA, MAKASSAR – Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, Dicky Rachmat Rahardjo mengungkap adanya indikasi tindak pidana penjualan aset milik Pemerintah Kota Makassar diwilayah Kecamatan Manggala, yang dilakukan oleh oknum mafia.

Dugaan tindak pidana tersebut sesuai hasil pemeriksaan sementara pihak Kejari Makassar, dipaparkan berupa satu titik fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) di Kecamatan Manggala, yang diduga kini beralih fungsi menjadi deretan rumah toko (ruko) dan dikuasai atas nama perorangan.

Dicky Rachmat Raharjo secara gamblang mengungkapkan, indikasi pidana tersebut mencuat setelah dia dan timnya mengumpulkan bahan keterangan dan data disalah satu fasum yang berlokasi di wilayah Kecamatan Manggala tersebut.

“Yang kami dalami sekarang, termasuk yang cukup akurat datanya. Tinggal kita telusuri apa penyebabnya dan siapa yang bertanggungjawab,” ungkap Dicky, Jumat (8/12/2017).

Menurut Dicky salah satu indikasi pidana yang terjadi di fasum Manggala itu yakni dikuasai oleh perseorangan. Padahal seharusnya tidak boleh diperjualbelikan.

Disamping itu, bangunan rumah toko (ruko) yang berdiri di atas lahan aset Pemkot tersebut, juga menyalahi peruntukan lahan yang seharusnya adalah jalanan. Bangunan ruko juga lanjut Dicky terindikasi tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang berarti melanggar hukum.

“Karena fisiknya saja sudah nampak ada indikasi. Kita tinggal memverifikasi bahwa fisik itu sudah atas nama orang, artinya fisik sudah lepas bukan lagi milik Pemkot Makassar,” jelasnya.

Karena perbuatan pidana cukup terang benderang, maka lanjut Dicky pihaknya segera mencari siapa saja pihak-pihak yang bertanggungjawab atas lepasnya aset itu ke tangan pihak yang bukan seharusnya.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya