Bapenda Himbau Penyelenggara Reklame Patuhi Aturan

17 December 2017 10:34
Bapenda Himbau Penyelenggara Reklame Patuhi Aturan

POSMA, MAKASSAR – Penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Makassar dari pajak reklame mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya, dengan capaian sebesar Rp. 31,7 miliar.

Hal itu dikemukakan Kabid I Badan Pendapatan Daerah Makassar, Ibrahim Akkas Mulla kepada Pos Makassar yang ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dibanding tahun 2016, pajak dari sektor reklame ini over sekitar Rp.19 milyar, hingga realisasinya pada tahun ini sudah mencapai 99 persen.

Dalam upaya untuk terus meningkatkan pendapatan daerah pada sektor tersebut, katanya, Bapenda akan terus melakukan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya kontribusi pajak reklame dalam pembangunan Kota Makassar.

“Hanya saja, reklame bukan hanya persoalan kontribusi pendapatan saja. Tetapi kita juga harus perhatikan penempatan serta konten yang ditampilkan, agar tidak mengganggu estetika Kota Makassar, apalagi Pak Wali konsen soal penataan kota. Selain itu, kita juga harus selektif melihat tampilan iklan atau reklame yang ada, tidak boleh sembarangan, dan harus yang layak dikonsumsi semua umur,” ungkap Ibrahim.

Menurut dia, beberapa waktu lalu pihaknya secara bertahap telah melakukan sosialisasi dengan para penyelenggara reklame, dan mengharapkan pihak perusahaan penyelanggara reklame tersebut dapat mematuhi aturan dan mekanisme yang berlaku, disamping membekali mereka agar patuh menyetorkan pajak yang sifatnya wajib dan memaksa itu.

“Semua ada aturan dan prosedurnya, tidak boleh asal dipasang, makanya harus melalui Bapenda. Kita akan cek penempatannnya. Terus kita cek apakah kontennya tidak mengandung unsur SARA atau pornografi. Sebab reklame ini sifatnya mempublikasikan, jadi harus pantas ditampilkan,” paparnya (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya