Banjir Kepung Makassar, Macet Terjadi di Beberapa Titik Kota

22 December 2017 05:56
Banjir Kepung Makassar, Macet Terjadi di Beberapa Titik Kota

POSMA, MAKASSAR – Banjir yang menggenangi beberapa wilayah Kota Makassar, sejak Kamis (21/12/17) kemarin pagi hingga tengah malam, praktis melumpuhkan aktivitas warga, bahkan menimbulkan kemacetan panjang diberbagai titik utama jalur perkotaan.

Akibat hujan deras yang mengguyur sejak beberapa hari terakhir, luapan air sungai ‘kiriman’ dari beberapa daerah tetangga Makassar, ditambah dengan sistem drainase yang tidak berfungsi maksimal membuat jalan-jalan utama, perumahan dan pemukiman warga tergenang.

Seperti Jalan AP Pettarani dan Jalan Hertasning yang kedua sisinya tergenang air. Genangan dengan tinggi bervariasi membuat jalan itu seperti kolam panjang di tengah kota.

Laju kendaraan pun tersendat yang menyebabkan kemacetan. Terparah di sepanjang jalan Pengayoman, Jalan Toddopuli Raya, Toddopuli Timur, dan Toddopuli 10. Hampir sebagian besar daerah Toddopuli macet.

Banjir juga menggenangi Jalan Pandang Raya setinggi betis hingga paha orang dewasa. Juga kawasan Toddopuli. Pemukiman warga yang berada di lorong-lorong Toddopuli pun tergenang.

Banjir parah juga menerjang wilayah Perumnas Antang utamanya di Blok 10 dan Perumahan Kodam di Daya. Perumahan Patte’ne, daerah Jalan Pendidikan dan bahkan di daerah depan Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel depan bekas Goro.

Warga di daerah Jalan Abdullah Daeng Sirua juga terkena banjir yang sudah masuk ke rumah-rumah warga. Perumahan Hamzy di daerah Perintis Kemerdekaan juga banjir, termasuk depan pintu 1 Universitas Hasanuddin (Unhas).

Banjir dan macet ini juga melumpuhkan aktivitas warga dan pera pedagang. Lihat misalnya warkop-warkop di daerah Toddopuli yang terpaksa tutup karena tergenang air. Kursi-kursi dibiarkan saja tergenang air. Meski buka, tak ada pengunjung.

Hanya sebagian warkop yang masih buka karena sudah ditambah ketinggiannya, seperti Warkop Aleta dan Warkop 212. Namun, tetap saja pengunjung tak seperti biasanya karena kendaraan mereka tergenang air di jalan (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya