Putusan MA Tolak Kasasi KPU, DIAmi Akhirnya Tersingkir

23 April 2018 07:45
Putusan MA Tolak Kasasi KPU, DIAmi Akhirnya Tersingkir

POSMA, MAKASSAR – Mahkamah Agung (MA) akhirnya menyatakan, Kasasi yang diajukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar terhadap putusan yang dikeluarkan oleh PTTUN Makassar, ditolak.

Keputusan ini setelah adanya putusan yang dikeluarkan oleh tiga majelis hakim. Yakni Supandi, Yodi Martono Wahyunadi, dan Is Sudaryono.

“Hasilnya MA tolak kasasi KPU Makassar,” ujar Juru Bicara Mahkamah Agung Suhadi, Senin 23 April 2018. Meski demikian, Humas MA ini tidak merinci perihal keputusan itu.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Pemenangan Appi-Cicu Soni yang dimintai tanggapan perihal keputusan MA mengatakan, pihaknya memang sangat optimis jika Kasasi KPU Makassar akan ditolak.

“Dari proses pertama kita mengajukan gugatan ke Panwaslu, lalu ke PT TUN, hingga MA mengeluarkan putusan, kita memang yakin bahwa ada pelanggaran yang dilakukan pada proses tahapan pencalonan yang harus diluruskan,” kata Arsony.

“Dari awal tujuan kita melakukan gugatan ini adalah untuk memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat makassar, bahwa pelanggaran memanfaatkan kekuasaan demi kemenangan politik adalah kesalahan,” tambahnya.

Untuk diketahui, KPU Makassar melakukan gugatan Kasasi ke MA pada tanggal 26 Maret lalu dan diterima pada tanggal 9 April 2018 oleh MA.

Dengan demikian maka KPU Makassar akan segera menerbitkan keputusan baru untuk Pilwalkot Makassar, dimana pasangan calon walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyarasari (DIAmi) akan didiskualifikasi dari sebagai kandidat dalam pemilihan walikota Makassar 2018. Sementara pasangan lainnya, Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika (Appi-Cicu) akan melawan ‘Kotak Kosong’.

Meski demikian, putusan MA tersebut tidak membuat paslon Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) tinggal diam begitu saja.

Melalui Panglima Skuadron DIAmi, Maqbul Halim, mengaku masih ada opsi lain yang disiapkan.

“Sabar saja. Masih ada skenario B,” singkat Maqbul kepada Pos Makassar, Senin, 23 April. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya