Jalan Layang Camba Bakal Digunakan Para Pemudik

01 June 2018 16:21
Jalan Layang Camba Bakal Digunakan Para Pemudik

Posmakassar – Proyek pembangunan elevated road atau jalan layang Camba di Kabupaten Maros terus digenjot. Bahkan, beberapa waktu lalu, sebelum mengakhiri jabatannya selaku Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) pernah turun meninjau langsung proses pengerjaannya dan mengharapkan jalan yang menghubungkan Maros dan Bone tersebut bakal bisa digunakan oleh para pemudik Idul Fitri 1439 H tahun ini.

Elevated road ini, konon menjadi salah satu jalan layang terbesar di luar Pulau Jawa yang mampu memperlancar arus lalu lintas yang menghubungkan beberapa kabupaten, seperti Maros, Bone dan Sinjai.Dengan demikian, kehadiran jalan layang ini diharapkan sebagai solusi dari besarnya tingkat kemacetan yang biasanya terjadi di Camba (Kabupaten Maros) saat kepadatan kendaraan terjadi.

“Insya Allah, dalam waktu dekat atau pada jelang lebaran tahun ini, jalanan tersebut sudah bisa digunakan para pemudik,” jelas Yusuf Arief, Humas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makassar kepada media, Rabu (30/5/2018).

Meski demikian, menurut Yusuf Arief, jalan layang tersebut memang sudah bisa digunakan tetapi belum sepenuhnya rampung dibangun. Jalan layang yang sudah bisa dilewati itu, merupakan Elevated Road Segmen 1 (MYM), yang terletak di KM 48 Jalan Poros Maros-Bone, Kabupaten Maros.

Sementara itu, mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) pernah mengatakan bahwa untuk pembangunan jalan layang yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Bone ini, juga akan dibangun terowongan raksasa layaknya di Mina, Arab Saudi.

“Untuk jembatan layang (elevated road) yang menghubungkan Maros dan Kabupaten Bone itu nantinya akan memiliki dua terowongan dan panjangnya hingga mencapai 1,7 Kilometer. Jadi nanti ada terowongan seperti di Mina,” kata Syahrul Yasin Limpo, saat melakukan peninjauan ke lokasi proyek tersebut beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, untuk pembangunan jalan layang yang melewati daerah Camba, Kabupaten Maros, akan ditambah. Artinya anggaran untuk menyeleaikan juga akan bertambah.

“Soal jalan lurus ke Kabupaten Bone, sekarang sudah kita lakukan yakni dengan membangun elevated road yang terpanjang di luar Jawa,” ujarnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya