Warga Bulgaria Pembobol ATM Dibekuk Petugas

07 June 2018 02:54
Warga Bulgaria Pembobol ATM Dibekuk Petugas

Posmakassar – Tim gabungan Polda Sulsel dan Polrestabes Makassar menggerebek sebuah rumah kontrakan mewah di Jalan Cendrawasih III Kecamatan Mariso dan berhasil membekuk dua orang warga negara Bulgaria yang diduga sebagai pelaku pembobolan dengan teknik skimming pada sebuah mesin ATM BRI Maricaya di Jalan Veteran Selatan, Kelurahan Maricaya Kota Makassar, Selasa (5/62018) sekira pukul 00:38 Wita dini hari.

Kedua Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Bulgaria yang masuk ke Indonesia melalui bandara Sukarno – Hatta hingga ke Kota Makassar pada 02 juni 2018 tersebut, diketahui menggunakan Bebas Visa Kunjungan Singkat (BVKS).

Penyidik Polrestabes Makassar, Bripka Zul saat dikonfirmasi, Rabu, 6 Juni 2018 di Ruang penyidik Lt. 2 Mapolrestabes Makassar Jalan Ahmad Yani membenarkan bila kedua WNA yang diamankan tersebut diduga sebagai pelaku aksi kejahatan pembobolan pada ATM BRI Maricaya di Jalan Veteran Selatan Kecamatan Makassar pada 5 Juni 2018 pukul 00.38 Wita.

“Untuk saat ini, kedua WNA tersebut menolak untuk di BAP bila tidak didampingi penerjemah khusus bahasa Bulgaria. Sedangkan tujuan kedua WNA tersebut berada di Kota Makassar adalah Tour (kunjungan wisata), ” paparnya.

Kedua WNA tersebut juga dikabarkan tengah dalam proses penaganan pihak Imigrasi dan aparat terkait.

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas Khusus (Kasatgassus) Kompol Diari mengungkapkan dalam rilis di halaman Mapolrestabes Makassar, bahwa kedua WNA ini adalah spesialis dalam kasus pembobolan ATM.

“Kedua WNA ini kita masih selidiki apakah mereka termasuk dalam jaringan yang beroperasi di ibu kota Jakarta atau tidak, tapi dalam pemeriksaan dan penggeledahan rumah kontrakannya ditemukan beberapa alat untuk mencuri data nasabah dan alat untuk memasang Skimming di mesin ATM.” Ungkap Kompol Diari, Rabu (06/06/2018).

Menurutnya, WNA asal bulgaria ini di tangkap berselang beberapa jam setelah melakukan aksinya karena meninggalkan barang bukti berupa bor dan sebuah mobil minibus berwarna putih, sehingga memudahkan aparat kepolisian untuk melacak keberadaan kedua WNA tersebut.

Sebelumnya, kedua pelaku diketahui hendak melakukan pencurian mesin ATM di Jalan Veteran Selatan, dengan cara skimming dan menggunakan mesin bor, namun aksi tersebut keburu diketahui security kantor BRI, hingga kedua WNA tersebut langsung kabur dan meninggalkan mesin bor dan kendaraan (mobil mini bus warna putih) yang digunakan untuk melakukan aksi kejahatannya.

Dari paspor dan identitas kedua pelaku yang disita aparat, diketahui masing- masing bernama Stoyo Ganchev dari Panagyurithe Bulgaria, kelahiran 13 Juni 1978 dan Ivo Todorov, beralamat di Mldaos Bl 12 Vh-Sofia Bulgaria, kelahiran 15 Pebruari 1973.

Kini kedua pelaku tersebut masih dalam penanganan pihak Polrestabes Makassar, guna pemeriksaan lebih lanjut. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya