Petugas KPPS Tidak Netral, Panwaslu Bisa Diskualifikasi Paslon

24 June 2018 16:00
Petugas KPPS Tidak Netral, Panwaslu Bisa Diskualifikasi Paslon

Posmakassar – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar menemukan adanya petugas KPPS Panakkukang yang diduga tidak netral. Mereka didapati sedang bersama tim paslon Appi-Cicu.

Petugas KPPS tersebut hadir saat Calon Wakil Walikota Makassar, Andi Rahmatika Dewi, sedang melakukan pertemuan dan sosialisasi, Sabtu malam (23/6/18), di warkop Terminal Kecamatan Panakukang

“Jadi temuannya 7 (tujuh) petugas KPPS tersebut sedang melakukan pertemuan sekaligus sosialisasi bersama tim Appi – Cicu, bahkan dihadiri langsung oleh Cicu,” ungkap humas Panwaslu Makassar, Maulana, Sabtu malam (23/6/18).

Ketujuh anggota KPPS yang telah teridentifikasi tersebut akan diperiksa hari ini, Minggu (24/6/2018). Panwaslu juga telah mengamankan bukti-bukti yang diperoleh di TKP.

Maulana menambahkan, seorang petugas KPPS bahkan bertindak sebagai moderator dalam kegiatan sosialisasi Rachmatika Dewi tersebut.

Kesimpulannya kita akan sampaikan setelah kami mengambil keterangan dari tujuh orang petugas KPPS tersebut, berdasarkan bukti – bukti yang kami temukan di TKP.

“Untuk sanksinya, kami belum bisa memastikan seperti apa. Dan jika dari hasil pemeriksaan di dapati indikasi money politik, atau pengerahan penyelenggara ini berlangsung massif dan sistematis. Sanksinya tidak hanya pada penyelenggara tetapi kepada paslon yang bersangkutan, yang bisa saja dapat berujung diskualifikasi, yang pastinya hari ini kita akan lakukan pemeriksaan secara detail, termasuk melakukan pengembangan,” kunci Maulana.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya