Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Desa Di Wajo Terendam Banjir

03 July 2018 14:52
Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Desa Di Wajo Terendam Banjir

Posmakassar.com – Puluhan desa di sejumlah kelurahan di Kabupaten Wajo terendam banjir sejak dua bulan lalu. Ketinggian air akibat intensitas hujan tinggi juga mengakibatkan banjir terus meningkat hingga mencapai 3 meter. Hingga Selasa (3/7/2018), warga yang masih bertahan mengungsi ke atap rumah. 

Sementara warga lain mengungsi ke sejumlah titik pengungsian yang telah disiapkan pemerintah setempat.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo menyebutkan, banjir terjadi akibat hujan deras disertai luapan sungai Walannae dan danau Tempe.

Banjir telah merendam 52 desa dan 7 kelurahan di Kabupaten Wajo. Hingga Senin ketinggian air banjir sudah mencapai mencapai tiga meter.

“Ketinggian air banjir kemungkin akan terus bertambah sebab hujan masih mengguyur dan sudah tujuh kecamatan yang terendam banjir,” kata Alamasyah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wajo, Senin (2/7/2018).

Dikabarkan kini sejumlah warga memilih pulang ke rumahnya dengan cara tidur di atas loteng. Hal ini dilakukan untuk menjaga perabot rumah tangga dan barang berharga lain.

“Saya terpaksa tinggal di loteng karena kebetulan rumah saya model panggung berbahan kayu, untuk jaga-jaga jangan sampai ada barang-barang dirumah yang hilang, karena tidak mungkin saya bawa semua barang ke tempat pengungsian,” kata Nadhira, korban banjir asal Kelurahan Sengkang, Kabupaten Wajo.

Warga yang menjadi korban akibat banjir ini, terutama mereka yang berdomisili di Pesisir Sungai Danau Tempe, yang diperkirakan dihuni sekitar 1000 rumah.

Dari hasil pantauan Posmakassar.com, desa yang terbilang parah akibat banjir adalah di Lingkungan Baru Orai, Kelurahan Laelo, Kecamatan Tempe, pada bagian Barat Masjid Al Manar Tempe. Banjir pada kawasan ini sepertinya sudah menjadi langganan pada setiap tahunannya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya