Permudah Pelayanan Akte Kelahiran, Aplikasi Kucata’ki Mulai Difungsikan

15 August 2018 00:40
Permudah Pelayanan Akte Kelahiran, Aplikasi Kucata’ki Mulai Difungsikan

POSMAKASSAR.COM – Aplikasi Kucata’ki yang di launching Walikota Makassar beberapa waktu lalu, atas prakarsa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar kini mulai digunakan oleh masyarakat.

Aplikasi ini merupakan layanan pencatatan anak yang baru lahir serta surat kematian. Terkhusus untuk layanan anak, aplikasi ini memberikan kemudahan dalam mendapatkan akte kelahiran.

Pencatatan bisa langsung dilakukan di tempat bayi dilahirkan, baik itu di puskesmas, rumah sakit ibu dan anak (RSIA) dan rumah sakit (RS) umum lainnya bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Makassar melalui Kucata’ki’.

Ada 26 titik layanan persalinan Kucata’ki’ tempat Disdukcapil Kota Makassar menjalin kerjasama, diantaranya, 11 RSIA, 11 puskesmas dan 5 RS swasta.

Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba kepada media menyampaikan, progres layanan Kucata’ki’ saat ini menunjukan hasil yang cukup baik.

“Sudah ada 35 akte kelahiran yang jadi sejak di launching kemarin. Data ke 35 ini dimasukan ke Kucata’ki’ yang tersebar di 26 titik layanan kami. Jadi orang tuanya sisa mengambil (akte) di kantor,” kata Nielma Palamba, Selasa (14/8/2018) siang.

Lanjut Kadis Nielma, data yang masuk ke operator (Kucata’ki’), sebenarnya 60-an. Namun sisanya tidak ter-input untuk diterbitkan akte dikarenakan kesalahan administrasi.

“Dari 60-an ada 30-an data yang tertolak. Penyebabnya berkas yang dimasukan tidak sesuai. Seperti kesalahan ketik nama lengkap, tidak sesuai di KK,” jelas Nielma.

Nielma mengimbau, agar masyarakat tetap memperhatikan syarat untuk pengajuan akte kelahiran di aplikasi Kucata’ki’.

Selain itu ia tetap berkoordinasi dengan petugas yang bertanggungjawab di layanan Kucata’ki’ agar lebih teliti menangani masyarakat yang akan mengurus akte.

Adapun persyaratan layanan Akte Kelahiran di Aplikasi Kucata’ki ini, berikut persyaratannya :

1. Fc. Akta nikah orang tua
2. Fc. KTP dan KK orang tua
3. Surat ket. Kelahiran dari RS/RSB

Surat lahir anak yang dimasukan ke Kucata’ki’ harus asli dan bukan dalam bentuk foto copy, agar data bisa terbaca di sistem pengimputan.

Sedangkan apabila ada berkas yang tertolak di sistem (Kucata’ki’), menurut Nielma, pemohon bisa melakukan perbaikan ke Kantor Disdukcapil Makassar. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya