Danny Perkenalkan Desain Gedung New Balaikota Makassar di CPI

17 August 2018 18:44
Danny Perkenalkan Desain Gedung New Balaikota Makassar di CPI

POSMAKASSAR.COM – Walikota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto memperlihatkan desain Kantor Balaikota Makassar yang akan dibangun di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI).

Proyek yang diberi nama ‘New Balaikota Makassar’ ini dirancang setinggi 36 lantai dan berada diatas lahan seluas lebih kurang 4 hektar.

“Pembangunannya seratus persen tanpa uang negara,” kata Danny Pomanto usai pengibaran bendera merah putih di atas laut, Jumat 17 Agustus 2018.

Menurutnya, untuk pembiayaan bangunan tersebut nantinya, akan menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Skema kerjasama pembangunan ini melibatkan pihak swasta dikenal sebagai Public Private Partnership (PPP).

“Bentuk perjanjian ini yaitu antara sektor publik pemerintah dengan sektor privat swasta. Untuk mengadakan sarana layanan publik yang diikat dengan perjanjian, terbagi menjadi beberapa bentuk tergantung kontrak dan pembagian resiko,” katanya.

Dikatakan, PPP ini dikenal sebagai benruk Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam penyediaan infrastruktur. Bertujuan untuk kepentingan umum dengan mengacu pada spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Daerah, BUMN atau BUMD.

Sebagian atau seluruhnya menggunakan sumber daya Badan Usaha dengan memperhatikan pembagian risiko diantara para pihak.

Adapun bentuk Gedung New Balaikota Makassar ini, jelas Danny, terinspirasi dari topi khas Suku Makassar, Passapu. Kemudian diantara dua tower Passapu dibuat gerbang dan gedung bundar.

“Saya target tahun 2022 bisa selesai,” paparnya.

Danny mengaku sudah mendapatkan izin pembangunan New Balaikota di atas lahan reklamasi. Untuk kerjasama, Danny akan tawarkan ke beberapa negara saat pelaksanaan F8 di Makassar nanti.

Perkenalan desain Kantor Balaikota Makassar ini merupakan pertama kali diperlihatkan ke publik. “Sebagai kado untuk warga Makassar di peringatan ulang tahun ke 73 tahun Republik Indonesia,” kata Danny. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya