Dua Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Lampu Jalan di Polman

20 August 2018 23:48
Dua Tersangka Dugaan Korupsi Pengadaan Lampu Jalan di Polman

POSMAKASSAR.COM – Kejati Sulsel menetapkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa BPMD  Pemkab Polman,   A. Baharuddin P dan seorang distributor lampu jalan, Haeruddin, dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan lampu jalan bertenaga surya di Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, Senin (20/8/2018).

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Tarmizi mengatakan, tersangka Haeruddin yang juga direktur CV Binaga selaku distributor PT Avecode International yang melakukan penjualan lampu jalan tenaga surya di seluruh desa di Kabupaten Polewali Mandar pada tahun 2016 dan 2017 dengan masing-masing 715 dan 720 buah lampu.

Sedangkan A. Baharuddin mengarahkan kepala desa untuk membeli lampu jalan ke CV Binanga serta menfasilitasi pembayaran lampu jalan di kantor BPMD Polman.

Dia menjelaskan, penyidikan Kejati Sulsel, CV Binanga tidak mempunyai kualifikasi teknis ketenagalistrikan seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral nomor 35 tahun 2015 tentang tata cara perizinin usaha ketenagalistrikan. 

Tarmizi merinci, proyek tersebut menggunakan alokasi dana desa dari APBD tahun 2016 dan 2017. “Keduanya diduga menerima keuntungan penjualan melebih angka 15% sesuai dengan pasal 66 ayat (8) Perpres 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. jadi ada mark up harga,”jelasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya