Relokasi Pasar Sentral Bertahap Hingga 5 September 2018

04 September 2018 10:57
Relokasi Pasar Sentral Bertahap Hingga 5 September 2018

POSMAKASSAR.COM – Keberadaan ratusan pedagang kaki lima (PKL) pasar sentral di terowongan Jalan Hos Cokroaminoto berhasil dikosongkan dan dipindahkan ke eks ruko blok B Makassar Mal.

Meski sempat mendapat aksi protes dari sejumlah pedagang, relokasi yang dimulai Senin kemarin (03/09/2018) bakal digelar bertahap hingga 5 September pekan ini.

9

“Di terowongan itu ada 112 lapak yang sudah di kosongkan. Mereka ada yang menempati eks Ruko Blok B, tapi ada juga yang tidak mau berdagang dia menunggu lahan (trowongan) itu rata baru dia menjual,” kata Dirut PD Pasar Makassar Raya, Nuryanto G Liwang.

Untuk tahap awal, kata dia, timnya lebih fokus untuk mengembalikan fungsi badan jalan. Menyusul strategi lain, seperti pengembalian fungsi bahu jalan dan penataan kawasan Pasar Sentral.

9

“Kita fokus pada pengembalian badan jalan, karena badan jalan inikan menjadi fungsi utama proses ekonomi di sekitaran Pasar Sentral. Kita berharap dengan terbukanya jalan, dikembalikan fungsinya aktivitas ekonomi disini (Pasar Sentral) semakin lancar,” ungkapnya.

Lanjut Nuryanto, saat ini ada tiga badan jalan yang harus dikembalikan fungsinya, yaitu Jalan Hos Cokroaminoto, KH Ramli, dan KH wahid Hasyim. Targetnya, 5 September mendatang seluruh lapak pedagang yang berdiri di ketiga badan jalan tersebut bisa segera dibersihkan.

“Kendalanya inikan masih ada yang berjualan di badan jalan. Makanya kita terus berupaya supaya mereka pindah (terkait pengerjaan jalan). Pokoknya tanggung jawab kami, tim relokasi Insya Allah kita selesaikan (upayakan rampung 5 September),” tegasnya.

Diketahui, relokasi tahap awal yang berlangsung sejak kemarin ini, sempat diwarnai aksi unjuk rasa di depan New Makassar Mall (NMM). Para pedagang menolak di relokasi lantaran harga yang dinilai terlalu tinggi dari pihak pengelola yakni PT Melati Tunggal Inti Raya (MTIR).

Mereka bahkan meminta pemerintah kota untuk segera mengeluarkan SK perihal harga lapak sekitar Rp 42,5 juta yang sebelumnya disepakati.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya