Bareskrim Akhirnya Tetapkan Erwin Syafruddin Haiya Tersangka Fee 30 Persen

13 September 2018 00:54
Bareskrim Akhirnya Tetapkan Erwin Syafruddin Haiya Tersangka Fee 30 Persen

POSMAKASSAR.COM – Setelah menggelar ekspose, Penyidik Tipikor Bareskrim Mabes Polri akhirnya menetapkan Erwin Syafruddin Haiya sebagai tersangka dalam kasus dugaan fee 30 persen dari sejumlah camat di Makassar.

“Kasus fee 30 persen sudah ada satu tersangkanya. Tadi pagi sudah dilakukan gelar perkaranya di Bareskrim Mabes Polri,” ungkap Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipikor) Bareskrim Polri, Kombes Erwanto Kurniadi, Rabu malam (12/9/2018).

Kombes Erwanto mengatakan dalam kasus ini penyidik Bareskrim Polri menetapkan mantan Kepala BPKAD Kota Makassar ini sebagai tersangka, karena dia lah yang memerintahkan camat untuk melakukan pemotongan anggaran.

“BPKAD melalui Bidang Anggaran mengalokasikan kegiatan sosialisasi/penyuluhan kepala SKPD kecamatan se Kota Makassar dengan besaran anggaran Rp70.049.999.999. Erwin sebagai kepala BPKAD memerintahkan melakukan pemotongan melalui kepala Bidang Anggaran BPKAD sebesar 30 persen dari pagu anggaran kegiatan sosialisasi/penyuluhan kepada kasubag Renkeu,” papar Erwanto.

Untuk memenuhi perintah Erwin, kepala Subag Renkeu mengurangi jumlah peserta sosialisasi/penyuluhan, belanja ATK, dan makan minum peserta.

“LPj tidak sesuai dengan DPA yang riil,” tambahnya.

Dalam kasus tersebut, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 86 orang saksi. Adapun kerugian negara diperkirakan lebih dari Rp 20 miliar. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya