Maqbul akan Disidangkan Perkara Ujaran Kebencian

14 September 2018 00:08
Maqbul akan Disidangkan Perkara Ujaran Kebencian

POSMAKASSAR.COM – Berkas dakwaan tersangka Maqbul Halim dilimpahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar. Dalam waktu dekat,  mantan juru bicara pasangan calon Walikota Makassar dengan tagline DiaMi ini bakal disidangkan dalam perkara ujaran kebencian di media sosial (medsos).

Kepala Humas PN Makassar, Bambang Nur Cahyono mengatakan,  Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah melimpahkannya ke Pengadilan Negeri (PN) Makassar perkaranya tercatat dalam nomor
1243/Pid.Sus/2018/PN Mks.

Dia merinci,  sidang perdananya dijadwalkan Halim  pada 17 September 2018 mendatang dengan mengagendakan pembacaan dakwaan. ” JPU-nya yang diketuai Muliaty Lahang,” bebernya, Kamis (13/9/2019).

Bambang menilai, pelimpahan dari jaksa ke pengadilan terbilang cepat. Apalagi, penyidik Polda Sulsel melimpahkan tahap II Maqbul ke Kejaksaan pada Kamis, 30 Agustus 2018 lalu.

Dalam pelimpahan tersebut, penyidik menyangkakan Maqbul dengan pasal 45 ayat 2 juncto pasal 28 ayat 2 atau pasal 45 ayat 3 junto pasal 27 ayat 3 uu nomor 19 tahun 2016 tentang ITE.

Sebelumnya, mantan juru bicara M Ramdhan Pomanto, calon Walikota Makassar yang didiskualifikasi KPU Makassar dalam Pilkada Kota Makassar belum lama ini, dilaporkan oleh Founder Bosowa Grup, Aksa Mahmud, terkait ujaran kebencian.

Hanya saja Maqbul menilai, kasus yang menjeratnya tersebut tidak murni pidana,  tetapi bercampur dengan persoalan politik Pilkada Makassar 2018 lalu.

“Pentersangkaan dan penahanan saya, tidak bisa dipisahkan dengan kekalahan menantu Pak Aksa, Appi,”tegasnya.

Dia menilai, penerapan pasal tentang SARA itu terkesan dipaksakan. Pasalnya, dengan pasal itu dirinya dapat ditahan karena ancaman hukumannya enam tahun, sementara kalau pencemaran nama baik atau penghinaan itu tidak sampai lima tahun ancamannya.

Salah seorang kuasa hukum Maqbul Halim, Akhmad Rianto, menjelaskan kasus yang menjerat kliennya itu karena terkait ciutan atau konten Twitter akun kliennya. 

Konten yang dilaporkan merupakan hasil percakapan di Twitter.  Dalam percakapan itulah, Maqbul Halim menuliskan kalau Appi itu menantu Aksa Mahmud, keponakan Komjen Syafruddin, dan keponakan Jusuf Kalla. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya