Ketua FK LPM Manggala Apresiasi Program PAMSIMAS

16 September 2018 02:33
Ketua FK LPM Manggala Apresiasi Program PAMSIMAS

POSMAKASSAR.COM – Ketua Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (FK-LPM) Kecamatan Manggala Andi Pasamangi Wawo, sangat apresiasi lahirnya penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS), di Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

“Hadirnya PAMSIMAS merupakan jawaban dari apa yang menjadi kebutuhan sebagian warga Makassar, terkhusus bagi warga Manggala yang masuk dalam kategori sosial menengah ke bawah,” kata Andi Pasamangi Wawo, Sabtu (15/9/2018).

Menurut Ketua FK LPM Manggala ini, dengan adanya program PAMSIMAS di wilayah pedesaan dan pinggiran kota, diakuinya sangat membantu masyarakat.

“Sangat inovatif, dan inilah yang disebut sebuah respon dalam menjawab apa yang menjadi kebutuhan warga, apalagi layanan air bersih, PAMSIMAS dan KP – SPAMS Manggala kami dari LPM sangat mengapresiasi itu,” jelasnya.

Diketahui, PAMSIMAS merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia.

Perlu diketahui, program PAMSIMAS tahap satu mulai dilaksanakan dari 2008 hingga tahun 2012 di 110 Kabupaten atau Kota dari 15 Provinsi. PAMSIMA I berhasil diterapkan pada 6.854 desa, terdiri dari 6.262 desa reguler dan sekitar 593 desa replikasi.

Sedangkan, PAMSIMAS II dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2015 telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin pedesaan dan pinggiran kota yang dapat mengakses pelayanan air minum dan dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat disekitar 12.000 desa yang tersebar di 223 kabupaten kota. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya