Sekretaris KPU Makassar Didakwa Menganiaya Anggota Panwascam

18 September 2018 20:10
Sekretaris KPU Makassar Didakwa Menganiaya Anggota Panwascam

POSMAKASSAR.COM – Sidang dakwaan perkara dugaan pemukulan anggota Panwascam Kota Makassar, Rusli yang dilakukan terdakwa Sabri yang juga Sekretaris KPU Makassar saat rekapitulasi perhitungan suara pilkada serentak di salah satu hotel,  digelar di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Senin (17/9/2018).

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Arifuddin Sakka, menjelaskan, perbuatan terdakwa dengan sengaja melakukan tindak kekerasan atau menghalang-halangi penyelenggara pemilihan dalam melaksanakan tugasnya.

Dia merinci, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 198A Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

Dia menjelaskan, Jumat 6 Juli 2018 sekitar pukul 11.30 Wita, Rusli melaksanakan tugasnya dalam rangka rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dan pemilihan Walikota/Wakil Walikota Makassar tahun 2018 yang dilaksanakan oleh KPU Kota Makassar di Hotel Max One  di Jl Taman Makam Pahlawan Makassar.

Saat itu, katanya, korban berada di belakang operator yang melakukan rekapitulasi perhitungan suara pemilihan Walikota/Wakil Walikota Makassar tahun 2018.

“Tiba-tiba terdakwa Sabri melakukan pemukulan terhadap Rusli,” bebernya.

Akibat kejadian itu, ungkap JPU, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan  tertunda dan korban tidak dapat melanjutkan tugasnya untuk melakukan pengawasan pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Walikota/Wakil Walikota Makassar tahun 2018.

Ketua Majelis Hakim, Tito Suhud menanyakan korban, Rusli, penyebab ia dipukul oleh terdakwa. Hanya saja, korban sendiri tidak tahu menahu alasan sehingga ia dipukul oleh terdakwa dari belakang. “Saat itu, saya berada di sekitar operator, tiba-tiba dari belakang tanpa saya sadari, Sabri memukul kepala saya dua kali. Saya langsung oleng saat itu,” ungkap korban.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya