Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polrestabes Makassar Bentuk Tim Penikam

17 December 2018 23:08
Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polrestabes Makassar Bentuk Tim Penikam

POSMAKASSAR.COM – Polrestabes Makassar membentuk tim khusus, Penindak Gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Penikam). Tim tersebut tak hanya melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 saja, tetapi bertindak responsif terhadap kejahatan di jalanan.

Penikam melakukan pemantauan, pengamanan hingga penindakan tegas terhadap pelaku kejahatan yang terdiri dari gabungan dari beberapa fungsi.

Kapolrestabes Makassar Kombes Dwi Ariwibowo usai peluncuran Tim Penikam di Mapolrestabes Makassar, Senin (17/12/2018), menjelaskan, tim ini akan terjun di tengah-tengah masyarakat. “Tindakan preventif dan preemtif kami orientasikan untuk tim ini,” kata dia.

Tim Penikam diperkuat 21 peronel yang berasal dari satuan Sabhara, Satlantas hingga Intelejen dalam jajaran Polrestabes Makassar.

Pembentukannya, dilatarbelakangi aksi teror saat momen pergantian tahun lalu. Saat itu, bom molotov diledakkan orang tak dikenal (OTK) di kawasan Polsek Bontoala. Peledakan terjadi sekitar pukul 03.00 WITA.

Dwi menjelaskan, Tim Penikam bekerja aktif selama 24 jam. Mereka akan mengitari kawasan strategis perkotaan mulai Senin ini. “Jadi pembagiannya nanti ada sif-sif. Kami tekankan khusus untuk berada di tengah-tengah masyarakat. Targetannya jelas dan penindakannya sesuai dengan prosedur,” tegas Dwi.

Tim dipersenjatai lengkap dengan berbagai peralatan khusus. Seperti rompi antipeluru, senjata khusus, dan kelengkapan antisipasi tindak kejahatan lainnya.

Keberadaan Tim Penikam diharapkan mengurangi kecemasan masyarakat saat melakukan aktifitas hari raya keagamaan hingga perayaan puncak pergantian tahun nantinya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya