Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan Musnahkan Jutaan Rokok dan Miras Ilegal

19 December 2018 17:18
Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan Musnahkan Jutaan Rokok dan Miras Ilegal

POSMAKASSAR.COM – Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan memusnahkan barang bukti jutaan batang rokok dan ribuan botol minuman keras (miras) ilegal di halaman Kantor Bea Cukai – Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Jalan Nusantara, Kelurahan Butung, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, Rabu (19/12/2018) siang.

Jutaan batang rokok dan ribuan botol miras ilegal ini merupakan barang bukti dari hasil penindakan Kanwil Bea Cukai dan KPPBC TMP B Makassar selama sepanjang tahun 2018. Barang bukti ini didapatkan di pintu masuk baik di pelabuhan laut, bandar udara maupun barang yang sudah ada di pasaran di wilayah Sulsel dan Sulbar.

“Pemusnahan barang ilegal kali ini terdata sebanyak 12.844.884 batang rokok dan minuman keras ilegal sebanyak 1.008 botol,” ucap Kepala Kanwil Bea Cukai Sulbagsel, Padmoyo Tri Wikanto, saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, nilai barang bukti yang berhasil diamankan ini, yaitu ribuan rokok ditaksir seharga total Rp 9.567.178.860 dan untuk ribuan minuman keras ilegal ditaksir seharga total Rp 62.450.000. Sehingga perkiraan total kerugian negara yang berhasil diselamatkan mencapai Rp 5.267.561.300.

“Kanwil Bea Cukai Sulbagsel dari tahun ke tahun berkomitmen untuk senantiasa melakukan peningkatan pengawasan terhadap peredaran rokok dan minuman keras ilegal di wilayah Sulsel dan Sulbar,” pungkasnya.

Padmoyo menambahkan, bahwa Bea Cukai juga akan terus meningkatkan sinergi dengan aparat penegak hukum, pemerintah daerah, dan masyarakat untuk dapat meningkatkan pengawasan agar semakin efektif.

“Kami juga akan meingkatkan sinergi dengan TNI, Kepolisian, Kejaksaan, Pemerintah Daerah, dan seluruh instansi terkait lainnya di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara, dan masyarakat agar dapat melaksanakan tugas kami dengan baik,” ungkap Padmoyo. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya