Terlibat Pengiriman 1 Kg Sabu, 3 Oknum Anggota Satpol PP Makassar Diamankan

03 January 2019 21:47
Terlibat Pengiriman 1 Kg Sabu, 3 Oknum Anggota Satpol PP Makassar Diamankan

POSMAKASSAR.COM – Satuan Narkoba Polres Parepare berhasil mengungkap penyelundupan Narkoba jenis sabu- sabu sebesar 1 Kg di Pelabuhan Nusantara, Parepare. Dari 4 orang yang diamankan, tiga oknum pelaku merupakan anggota Satpol PP Kota Makassar.

Ketiga oknum yang terlibat itu adalah Faisal Ramadhan (30), Jalan Rappocini Raya, Dendi (28) alamat BTN Minasa Upa, Irwan (26) Jalan Pampang, Kota Makassar.

Sementara satu rekannya, yakni Muhlis (27) beralamat di Jalan Aki Balak, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, berperan sebagai pengantar narkoba hingga ke Pare-Pare melalui jalur laut, menggunakan KM Bukit Siguntang dari Nunukan.

Diketahui, ketiga oknum anggota Satpol PP Makassar tersebut merupakan suruhan dari salah satu warga di Kota Makassar. Ketiganya tiba di Kota Pare-Pare untuk menjemput Muhlis.

Sedangkan Muhlis membawa barang haram itu dijanjikan uang sebesar Rp 40 juta setelah tiba di Makassar.

Dari tangan para terduga pelaku, petugas menemukan narkoba kurang lebih 1 Kilogram beserta beberapa merek handphone dan uang tunai Rp 1 juta rupiah.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN) Pare-Pare, AKP Saharuddin, mengungkapkan jika pengungkapan itu berawal dari pemeriksaan rutin terhadap badan dan barang penumpang yang turun melalui KM Bukit Siguntang, dari Nunukan, Kalimantan Utara.

“Satu penumpang di dalam barang bawaannya kita dapati barang haram tersebut,”ungkapnya, Kamis (3/1/2018). 

Hal senada juga diungkapkan Kasat Narkoba Polres Parepare, AKP Zaky Sungkar. Menurutnya, pengungkapan penyelundupan sabu sebesar 1 Kg tersebut berawal saat pihaknya mengamankan seorang penumpang KM Bukit Siguntang yang bertolak dari Nunukan, Kaltara menuju Pelabuhan Nusantara Parepare.

“Kami mengamankan seorang penumpang KM Bukit Siguntang yang pada saat dilakukan pemeriksaan, ditemukan sabu seberat kurang lebih 1Kg yang terbungkus rapih di dalam tas ransel,” ungkap Zaky, Kamis (3/1/2019).

Zaky mengatakan, setelah mengamankan Muhlis, Polres Parepare melakukan penyidikan lebih lanjut dan mengamankan lagi tiga orang yang merupakan anggota Satpol PP Makassar.

“Keempat pelaku kemudian kami amankan di kantor Sat Narkoba Polres Parepare untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait peran tiap-tiap orang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zaky mengatakan, barang bukti yang diamankan selain dari pada sabu seberat kurang lebih 1Kg diantaranya, handphone sebanyak lima buah, uang tunai sebesar Rp 1 juta.

Sementara itu, Walikota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto yang dikonfirmasi meminta Kepala Satpol PP Makassar Iman Hud untuk menindaktegas anggotanya.

“Kita teruskan dengan Kasat narkoba untuk mengusut tuntas kasus ini, siapa tau ada jaringannya di dalam,” kata Danny.

Ia pun telah meminta kepada Imam Hud untuk langsung memutus kontrak tiga anggota Satpol PP yang berstatus sebagai tenaga honorer.

Sedangkan Kasatpol PP Kota Makassar, Iman Hud yang dimintai tanggapan mengatakan ketiga oknum anggota Satpol PP yang terlibat pasti akan dipecat dari kesatuan mereka.

Mereka dinilai telah merusak nama baik Satpol PP Kota Makassar dengan berbuat kejahatan luar biasa.

“Pasti dipecat. Mereka sudah merusak nama baik kesatuan, apalagi kejahatan narkoba yang merupakan extraordinary crime,” kata Iman Hud.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya