Diduga Tak Mampu Selesaikan Kasus Aldama, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Dimutasi ?

24 February 2019 01:37
Diduga Tak Mampu Selesaikan Kasus Aldama, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Dimutasi ?

POSMAKASSAR.COM – Mutasi di jajaran Polda Sulawesi Selatan kembali terjadi. Sebanyak 23 perwira jajaran Polres di Polda Sulsel mengalami pergantian sesuai dengan Surat Telegram Kapolda Sulsel Nomor ST/79/II/KEP/2019 tertanggal 22 Februari 2019.

Informasi yang dihimpun, beberapa Kasat Reskrim mengalami pergantian. Antara lain, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar yang sebelumnya dijabat Kompol Ujang Darmawan Hadi Saputra dimutasi ke Kasubdit 4 Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Adapun yang menggantikan adalah AKBP Indratmoko yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditresrimsus Polda Sulsel. Jadi, keduanya hanya bertukar posisi.

Selain itu, ada pula AKP Herly Purnama yang sebelumnya menjabat Kasat Reskrim Polres Gowa diangkat dalam jabatan baru sebagai Paur Subbagpullahjianta Bagdalops Roops Polda Sulsel. Sebagai penggantinya Iptu Muhammad Rivai yang sebelumnya menjabat Kasatresnarkoba Polres Sinjai diangkat sebagai Kasat Reskrim Polres Gowa.

Sementara itu, AKP Muhammad Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Kasatresnarkoba Polres Selayar diangkat menjadi Kasatresnarkoba Polres Sinjai.

Terkait posisi Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Ujang Darmawan yang baru menjabat beberapa bulan mengantikan Kompol Wirdhanto akhir tahun 2019 kemarin, dikabarkan bergeser karena selama Kompol Ujang Darmawan menjabat, tak banyak kasus yang bisa ia selesaikan. Terakhir, terkait kasus kematian taruna ATKP Makassar Aldama Putra Pongkala yang menjadi sorotan nasional, diduga tak mampu ia selesaikan.

Setiap ada pertanyaan dilontarkan ke Kompol Ujang terkait kasus Aldama, ia tak mampu menjawabnya. Padahal, sejumlah fakta-fakta sudah terungkap, bahwa Aldama Putra Pongkala dikeroyok. Namun, ia hanya mampu menetapkan satu orang tersangka.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani yang dikonfirmasi terkait mutasi tersebut membenarkan, bahwa Kompol Ujang telah digeser ke Kasubdit IV Sumdali, namun membantah bila mutasi tersebut dikaitkan dengan kinerjanya selama ini.

“Kasat Reskrim Polrestabes Makassar bergeser ke Krimsus Polda Sulsel. Itu mutasi biasa, tidak ada kaitannya dengan kasus Aldama,” bantah Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani

Terpisah, Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs Hamidin mengatakan, mutasi merupakan hal yang biasa dalam organisasi kepolisian. Menurutnya, mutasi merupakan kebutuhan organisasi.

“Mutasi itu biasa. Kita melakukan mutasi sesuai dengan kebutuhan organisasi. Jadi hal biasa itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kompol Ujang Darmawan Hadi Saputra yang dikonfirmasi Sabtu (23/2/2019) membenarkan dirinya bergeser ke Polda Sulsel. “Iya benar” ujarnya singkat. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya