Permudah Akses Pelayanan Kesehatan, Pemkot Makassar Hadirkan Motor Ambulance

08 March 2019 06:53
Permudah Akses Pelayanan Kesehatan, Pemkot Makassar Hadirkan Motor Ambulance

POSMAKASSAR.COM – Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Makassar kini menyiapkan 15 unit motor ambulance yang akan didistribusikan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) tiap kecamatan yang ada di Kota Makassar.

Kehadiran 15 unit ambulance dalam waktu dekat ini, menurut Kepala Bagian Perlengkapan Setda Makassar, Husni Mubarak, diberikan atas permintaan masyarakat dan berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakorsus) yang dilaksanakan sebelumnya oleh Pemkot Makassar.

Selain untuk mempermudah akses pelayanan kesehatan masyarakat dilokasi yang sulit dijangkau mobil ambulance, utamanya yang berada di lorong-lorong sempit, motor ambulance ini juga akan disistribusikan di Puskesmas yang berada di pulau-pulau yang sulit terjangkau.

“Sebanyak 15 unit motor ambulance saat ini tengah diproduksi di Bandung Jawa Barat. Pada dasarnya, fungsinya hampir sama dengan ambulance pada umumnya. Hanya saja bentuknya yang lebih kecil membuatnya lebih mudah dioperasikan ke tempat-tempat sulit terjangkau,” kata Husni, Kamis (7/3/2019)

Menurutnya, anggaran untuk satu unit motor ambulance ditaksir mencapai Rp 90 juta, dan diperkirakan akan selesai diproduksinya pada April mendatang.

“Insya Allah bulan depan unitnya sudah ada di Makassar. Ini saya lagi di Bandung lihat pabrik pembuatannya,” katanya.

Ia berharap dengan adanya motor ambulance ini nantinya dapat memberikan pelayanan kesehatan yang sifatnya darurat untuk dibawa ke fasilitas kesehatan, sepeti Puskesmas ataupun rumah sakit.

“Kalau Home Care kan pemeriksaan kesehatan di rumah, kalau ambulance ini nanti yang bawa warga yang sakit ke fasilitas kesehatan,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya