Bawaslu Putuskan 15 Camat Tak Melanggar UU Pemilu

11 March 2019 15:30
Bawaslu Putuskan 15 Camat Tak Melanggar UU Pemilu

POSMAKASSAR.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel bersama Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) memutuskan 15 Camat se-Makassar tidak melanggar Undang Undang (UU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, terkait video yang beredar beberapa waktu lalu dimana para camat tersebut diduga mendukung salah satu paslon Capres dan Cawapres.

Hasil putusan tersebut berdasarkan hasil sidang pleno di Kantor Bawaslu Sulsel, di Jalan AP Pettarani Makassar, Senin (11/3/2019).

“Kami bersama Gakkumdu menyelesaikan pembahasan tahap kedua terhadap kasus Video para camat yang telah kami proses selama kurang lebih 12 hari dan melibatkan 15 laporan dengan sejumlah saksi yang diajukan pelapor,” kata Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi.

Menurutnya, selain dilakukan pihaknya, pemeriksaan juga telah dilakukan tim dari Jakarta untuk pelapor, untuk memperkuat kajian dengan meminta keterangan ahli yaitu dari universitas Airlangga.

“Kami mengambil kesimpulan, pertama camat-camat yang diadukan itu diduga melakukan pelanggaran hukum lainnya, artinya bukan hukum pemilu dan untuk itu kami akan rekomendasikan ke Komisi ASN,” bebernya.

Yang kedua, menurut Laode, keputusan tersebut bahwa dari aspek dugaan tindak pidana pemilu yaitu tidak memenuhi unsur untuk di proses lebih lanjut.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya