Kotak Suara Diangkut Pakai Mobil Bak Sampah, Ini Penjelasan KPU Makassar

25 March 2019 15:27
Kotak Suara Diangkut Pakai Mobil Bak Sampah, Ini Penjelasan KPU Makassar

POSMAKASSAR.COM – Sejumlah warganet mempertanyakan foto yang beredar, ada kotak suara di Makassar diangkut dengan menggunakan mobil bak sampah.

Dalam foto yang sempat viral setelah diunggah warganet dan menjadi pembicaraan hangat di media sosial itu, tampak kotak suara pemilu diangkut dengan mobil bak sampah milik Pemerintah Kota Makassar. Hal ini dilihat dari ciri khas mobil bak sampah dengan tulisan “Makassar ta tidak rantasa” atau dalam Bahasa Indonesia berarti “Makassar tidak kotor”. 

Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar yang dikonfirmasi awak media, membenarkan bila pihaknya meminta bantuan mobil bak besar untuk distribusi kotak suara ke kecamatan se-Makassar.

“Iya, ini adalah bagian dari koordinasi distribusi kami. Mobil ‘Tangkasa’ itu kami pakai dalam keadaan bersih. Selain bersih, juga dilapisi dengan plastik di bawahnya,” kata Gunawan saat dikonfirmasi di Makassar, Senin (25/3/2019).

Tidak hanya melibatkan mobil bak sampah, jelas Gunawan, KPU Makassar juga menggunakan mobil inflasi untuk distribusi kotak-kotak suara tersebut. Tujuannya adalah agar distribusi logistik berlangsung cepat. 

“Selain mobil tangkasa, kami juga dibantu pemkot menggunakan mobil inflasi,” ungkapnya.

“Intinya kami berusaha semaksimal mungkin logistik terdistribusi dengan cepat ke kecamatan,” Imbuhnya.

Namun dia menegaskan, surat suara tidak akan diangkut menggunakan mobil bak sampah. “Baru kotak suara, surat suara belum. Kalau surat suara tidak akan didistribusikan pake mobil tangkasa,” tambah Gunawan. 

Kotak suara di foto yang beredar, kata Gunawan, rencananya akan didistribusikan menuju Kecamatan Tamalate. Jumlahnya ada 2.800 kotak suara. 

“Kotak suara yang kami distribusikan untuk Tamalate sekitar 2.800-an. Sesuai dengan kebutuhan,” tutupnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya