Dipilih Sebagai Pj Walikota Makassar, Ini Gagasan Besar Iqbal Suhaeb

06 May 2019 20:13
Dipilih Sebagai Pj Walikota Makassar, Ini Gagasan Besar Iqbal Suhaeb

POSMAKASSAR.COM – Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah sebut Iqbal Suhaeb salah satu pejabat eselon II yang akan menempati posisi Penjabat (Pj) Walikota Makassar.

Kepala Balitbangda Sulsel ini, merupakan salah satu dari tiga calon Pj Walikota yang diusul ke Mendagri.

Saat ditemui awak media, Iqbal mengucapkan rasa terima kasihnya bila memang Ia dipercaya mengisi posisi Pj Walikota makassar.

“Tentu ini hal yang sangat membanggakan, dan terima kasih kepada Gubernur Sulsel atas amanah yang diberikan kepada saya,” katanya.

Menurutnya, Makassar sebagai ibukota provinsi Sulsel, tentu sudah saatnya terintegrasi dengan program pemerintah provinsi.

“Sebagai Pj Walikota yang merupakan pejabat eselon II dari Pemerintah Provinsi, tentu saya loyal pada Gubernur dan mengintegrasikan program Pemprov dan Pemkot Makassar,” ujarnya.

Ia menyebutkan Pj Walikota sendiri sudah wajib menjalankan program Gubernur, selama masa transisi.

Menjabat sebagai Pj Walikota Makassar, kata Iqbal, Ia juga tentunya akan melanjutkan yang baik-baik dari program yang sudah berjalan, khususnya menjalankan program jangka pendek di masa transisi seperti clean city, Comfort, dan contiunity.

Makna dari program ini, kata dia, yakni kota bersih, nyaman terlayani, dan terstruktur.

“Makalah presentasi saya kemarin, kan berjudul Run Makassar, dengan tiga kata kunci, Clean, Comfort, dan Continuity. Clean City, Comfort in Habitat atau nyaman bagi orang yang tinggal di Makassar. Continiu program atau keberlangsungan program. Mengapa clean, kita semua tahu itu penting, Makassar terakhir gagal raih Adipura, dan bagaimanapun juga salah satu masalah utama di Makassar adalah sampah. Begitupula comfort, kita mau Makassar nyaman, baik bagi orang yang tinggal, pengendara, maupun pendatang,” jelasnya.

Sedangkan, untuk kesulitan yang akan ia hadapi, Iqbal mengatakan, yang paling susah itu ialah mengubah pola fikir.

“Saya rasa yang paling susah itu adalah mengubah pola fikir. Membangun fisik itu mudah, selama ada dana itu bisa kita lakukan. Coba lihat di Jalan Haji Bau atau Jalan Nusantara, betapa besar biaya yang dikeluarkan pemkot membangun pedestrian atau trotoar, itu memang bagus, tapi malah banyak yang tidak difungsikan sebagaimana mestinya. Misalnya jadi tempat parkir. Pedesterian yang dibangun dengan sangat baik, tentu akan menjadi sia-sia jika disalahgunakan. Orang mau jalan, terhalang parkir atau pedagang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga mengungkap awal mula dirinya melamar sebagai calon Pj Walikota Makassar.

“Begini, awalnya kami disuruh buat makalah sebaik mungkin, sesuai kemampuan kita. Rasa-rasanya kalau kita membuat makalah terus asal jadi, pimpinan akan menilai cuma segitu kemampuan kita. Jadi tentu saya buat makalah terbaik, itu juga bentuk optimis saya. Saya bikin komprehensif, mulai dari hal tentang Makassar, apa peluang dan di mana masalahnya dan apa yang jadi fokus program prioritas yang saya akan kerjakan kalau terpilih,” ungkapnya.

Selain itu, Iqbal juga menceritakan pengalaman kerjanya selama sekitar 30 tahun.

“Pertama, sebagai PNS, pangkat saya sudah sangat senior, saya IV D, artinya cuma satu orang yang lebih tinggi, hanya sekda saja. Selain itu, dari segi eselon 2, saya sudah empat kali mengepalai unit kerja, antara lain Satpol PP, dan terakhir ini Balitbangda. Saya juga dua kali kepala biro, Kerja Sama dan Humas. Jadi secara pengalaman kerja sudah cukup. Selain itu, di eselon 3, enam SKPD susah saya tempati. Jadi dari segi Tour of Duty, saya merasa sudah cukup bisa. Lama kerja saya juga sudah sekitar 30 tahun,” paparnya.

Sekedar diketahui ada tiga nama yang diusul Pemprov Sulsel menjadi Pj Walikota Makassar, dia diantaranya Kadis Perikanan dan Kelautan Sulsel Sulkaf S Latief, Staf Ahli Pemprov Sulsel Denny Irawan, dan Kepala Balitbangda Sulsel Iqbal Suhaeb.

Tiga nama ini setelah diadakan seleksi oleh para timsel yang dipimpin oleh Prof Yusran Yusuf (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya