Komplotan Pelaku Curas dan Curanmor Dibekuk Aparat

11 May 2019 04:31
Komplotan Pelaku Curas dan Curanmor Dibekuk Aparat

POSMAKASSAR.COM – Tim Resmob Polsek Panakukkang diback-up Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel, membekuk empat komplotan tersangka pelaku tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) beserta seorang penadahnya, Jumat (10/05/2019) dinihari sekitar pukul 00.30 Wita.

Keempat pelaku curas dan curanmor itu, yakni lelaki Muhammad Hasrul alias Acculu (15) warga Jalan Perintis Kemerdekaan BTN Wesabe, Kampung Parang, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, dan lelaki Andi Syahri alias Syahri (20) beralamat Jalan Dr. Leimena Lorong 45 Kecamatan Panakukkang, Kota Makassar.

Kemudian, lelaki Muhammad Hidayat alias Dayat (21) berdomisili Jalan Perintis Kemerdekaan No.20 Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar, dan lelaki Samsul Alam alias Pitung (25) bertempat tinggal Jalan Rappocini Raya, Inspeksi Kanal, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.

Sedangkan seorang penadah barang hasil kejahatan yang turut diamankan aparat kepolisian, yakni lelaki Alim Syahraja alias Alim (33) seorang tukang ojek warga Jalan Maros, Perumnas Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

Para tersangka pelaku curas dan curanmor yang sudah berkali-kali melakukan aksinya di wilayah hukum Kota Makassar dan Kabupaten Gowa ini, dibekuk personil Resmob Polsek Panakukkang dipimpin Panit 2 Reskrim Ipda Roberth Haryanto Siga yang diback-up anggota Timsus Polda Sulsel dipimpin Panit Timsus Ipda Artenius MB.

Kronologis penangkapan para tersangka berawal dari laporan seorang informan tentang pelaku Muhammad Hasrul sedang berada di Daya, Kecamatan Biringkanaya. Mendapat informasi itu, polisi langsung bergerak cepat dan berhasil menangkap pelaku beserta barang bukti Handphone (HP) hasil kejahatannya.

Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan ke pelaku lainnya dan berhasil diamankan di tempat-tempat berbeda, yakni Andi Syahri, Muhammad Hidayat dan Samsul Alam. Kemudian pada pukul 02.00 Wita anggota Resmob Panakukkang dan Timsus Polda Sulsel membawa mereka untuk pengembangan penunjukkan TKP dan pencarian barang bukti lainnya.

Dalam pengembangan tersebut, polisi mengamankan 1 unit Handphone Xiomi Redmi note 4, 1 unit Handphone Oppo F9, 1 Unit Handphone Oppo A37, 1 unit motor Honda Vario warna putih dengan plat DD 4333 XY, 1 unit motor Yamaha Fino warna merah hitam dengan plat DD 2190 S0, 1 buah sajam jenis badik, 2 buah sajam jenis pisau dapur, 1 buah ketapel dan 1 buah anak panah.

“Keempat pelaku sudah sembilan kali melakukan aksi curas maupun curanmor di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar,” ungkap Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius MB.

Untuk pelaku Andi Syahri sendiri, kata Arten, dia telah melakukan aksi curanmor di wilayah Kabupaten Gowa sebanyak dua kali bersama dengan temannya yang masih DPO.

Saat dilakukan pengembangan, keempat tersangka mencoba kabur dan melawan, sehingga polisi memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali, tapi mereka tak menghiraukannya.

Petugas akhirnya mengambil tindakan tegas dan terukur dengan cara melumpuhkan para tersangka. Timah panas pun dilayangkan ke bagian betis kaki keempat tersangka. Selanjutnya, mereka dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk mendapatkan perawatan medis.

Para pelaku dan seorang penadah bersama sejumlah barang bukti yang disita, selanjutnya diamankan di Mako Polsek Panakukkang. Sebagian dari mereka juga diserahkan ke pihak Reskrim Polres Gowa untuk proses penyidikan lebih lanjut. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya