Pungut Biaya Tidak Sesuai Aturan, Jukir Liar di Pasar Butung Diciduk

01 June 2019 15:38
Pungut Biaya Tidak Sesuai Aturan, Jukir Liar di Pasar Butung Diciduk

POSMAKASSAR.COM—Tim Respon Sabhara Polres Pelabuhan Makassar, meringkus empat pelaku jukir liar yang mematok harga parkir mobil mulai 40 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Empat pelaku jukir dadakan itu, yakni Subhan (32), Surianto (42), Af (10) dan Muh Tang (42). Mereka diamankan di Jalan Nusantara dan Jalan Kalimantan (pasar butung), Jumat (31/5/2019) kemarin.

Awalnya, Tim Respon Sabhara Polres Pelabuhan mendapat laporan dari sejumlah masyarakat, terkait mahalnya pungutan retibusi parkir diseputaran Pusat Grosir Butung (Pasar Butung).

Berdasarkan laporan terebut, kemudian tim Respon langsung melakukan investigasi dan berhasil meringkus para pelaku Jukir liar ‘dadakan’ tersebut.

Saat diinterogasi petugas, salah satu Jukir liar mengakui bila dirinya hanya dipanggil oleh rekannya untuk menjadi jukir ‘dadakan’ di Jalan Kalimantan (pasar butung) dengan tarif 20 ribu hingga 40 ribu.

Sementara Kaur Bin Ops Sabhara Polres Pelabuhan Iptu Asfada SH, saat dikonfirmasi membenarkan bila sejumlah Jukir liar diamankan di seputaran Pasar Butung.

“Para Jukir liar ini mengenakan tarif diluar dari aturan Perda Kota Makassar Nomor 17 tahun 2006 tentang pengelolaan parkir tepi jalan umum dalam daerah kota makassar, sehingga menimbulkan keresahaan di masyarakat. Karenanya mereka di amankan,” katanya, Sabtu (1/6/2019)

Saat diamankan, tambahnya, empat jukir tersebut tidak dapat memperlihatkan tanda pengenal juru parkir dan karcis parkir yang resmi diterbitkan oleh Pemerintah Kota Makassar.

“Mereka untuk sementara ini masih kami periksa dan akan membuatkan pernyataan serta mengingatkan agar tidak mengulangi perbuatannya lagi” ungkap Asfada. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya