Bentrok Warga di Malam Takbiran, Sekitar 30 Rumah Terbakar di Buton Sultra

06 June 2019 03:17
Bentrok Warga di Malam Takbiran, Sekitar 30 Rumah Terbakar di Buton Sultra

POSMAKASSAR.COM – Bentrokan antar warga terjadi di Desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo, Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra). Akibatnya, sekitar 30 rumah warga jadi sasaran amuk massa hingga berujung pembakaran.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt mengatakan, bentrokan tersebut berawal saat warga Desa Sampuabalo melakukan konvoi pada malam takbiran.

“Berdasarkan keterangan La Aca (35), warga Desa Gunung Jaya mengatakan jika malam hari lebaran ada sekitar 40 pemuda dari Desa Sampuabalo melakukan konvoi dengan menggunakan knalpot racing dan memainkan gas motornya, sehingga masyarakat Desa Gunung Jaya merasa terganggu dan tidak menerimanya,” ujar Harry dalam keterangan tertulisnya, Rabu (5/6/2019).

Pada sekitar pukul 20.45 Wita, Selasa (4/6/2019), konvoi melewati Desa Gunung Jaya. Diduga terjadi provokasi oleh kelompok yang melakukan konvoi.

“Kemudian terjadi pelemparan ke arah rumah rumah warga Gunung Jaya. Hal tersebut membuat masyarakat Desa Gunung Jaya tidak menerima hingga terjadi keributan antara pemuda Desa Sampuabalo dengan pemuda Desa Gunung Jaya,” jelasnya. 

Pada pukul 21.00 Wita, Selasa (4/6/2019), massa dari Desa Sampuabalo datang ke Desa Gunung Jaya. Massa diduga melempar molotov ke arah rumah warga hingga terjadi aksi balasan. 

Pada hari Rabu (5/6/2019), sekitar pukul 14.30 Wita, massa dari Desa Sampuabalo kembali datang ke Desa Gunung Jaya dan melakukan aksi pembakaran rumah Warga Desa Gunung Jaya dengan menggunakan bom molotov yang di lempar ke arah rumah warga.

Hingga pada pukul 16.21 Wita, barulah satu peleton Dalmas tiba di TKP untuk mengamankan situasi, dipimpin oleh Wakapolres Kompol Arnaldo Von Bullow S.IK.

Meski tak ada korban jiwa, namun akibat kejadian tersebut, dikabarkan menimbulkan korban luka yang sementara tercatat satu orang atas nama La Yasi (36) tahun, warga Desa Kuraa, yang mengalami luka di bagian pergelangan tangan kanan akibat terkena sabetan benda tajam.

Selain itu, kerugian atas peristiwa ini juga mengakibatkan kurang lebih 30 unit rumah ludes terbakar, termasuk satu unit mobil pick up milik kepala desa Gunung Jaya dikabarkan ikut terbakar, dan satu unit motor warga juga hangus terbakar. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya