Digiring ke Mapolda Sultra, 82 Terduga Pelaku Perusuh di Buton Langsung Diperiksa

09 June 2019 02:41
Digiring ke Mapolda Sultra, 82 Terduga Pelaku Perusuh di Buton Langsung Diperiksa

POSMAKASSAR.COM – Sebanyak 82 terduga pelaku kerusuhan di dua desa di Kabupaten Buton, tiba di Mapolda Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (8/6/2019) malam, sekitar pukul 21.30 Wita.

Para terduga pelaku pembakaran puluhan rumah warga Desa Gunung Jaya ini diamankan petugas gabungan dari TNI/Polri dari Desa Sampuabalo sejak Sabtu pagi kemarin.

Puluhan warga itu diangkut dengan menggunakan tiga mobil Dalmas menuju pelabuhan Labuan Buton Utara dengan pengawalan ketat petugas Brimob Polda Sultra bersenjata lengkap.

Dari pelabuhan Labuan Buton Utara itu, 82 terduga pelaku itu dimuat dengan menggunakan kapal fery menuju Pelabuhan Amolengo Konawe Selatan. Selanjutnya dijemput dengan memakai 4 mobil tahanan menuju Mapolda Sultra di Kendari.

Tiba di Mapolda Sultra, terduga pelaku kerusuhan ini lalu dimasukkan ke dalam ruangan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda, untuk  menjalani pemeriksaan.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sultra Brigjen Pol Iriyanto mengatakan, para terduga pelaku akan diberi makan terlebih dahulu. Lalu akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Biddokes, setelah itu kemudian akan diperiksa secara maraton.

Akan kita periksa secara maraton. Kita tentukan status hukumnya malam ini juga,” ungkapnya, Sabtu malam.

Tak hanya membawa para terduga pelaku, polisi juga menyita ratusan barang bukti berupa senjata tajam berbagai jenis seperti busur, tombak, parang, badik, pisau dapur dan senjata tajam lain.

Terlihat juga beberapa buah tameng yang sudah dirakit sendiri, kemudian ada belasan botol minuman keras jenis bir juga ikut disita.

Sebelumnya diberitakan, akibat kerusuhan antar warga dua desa di Kabupaten Buton pada Rabu (5/6/2019) tercatat 2 orang meninggal dunia, puluhan lain mengalami luka-luka dan 87 rumah
terbakar.

Tak hanya itu, 1.062 orang dari Desa  Gunung Jaya mengungsi di desa-desa terdekat di wilayah Kecamatan Pasarwajo.

Polda Sultra mengerahkan 317 personil kepolisian untuk mengamankan lokasi kerusuhan dan 100 orang anggota TNI dari satuan Raider 700 Kodam XIV/Hasanuddin Makassar juga diturunkan ke lokasi kejadian. (Kpc/*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya