Komplotan Pencuri Baterai Tower di Pangkep, Diciduk di Makassar

12 June 2019 00:09
Komplotan Pencuri Baterai Tower di Pangkep, Diciduk di Makassar

POSMAKASSAR.COM – Tim Khusus Polda Sulsel bersama Unit Buser Satreskrim Polres Pangkep, berhasil meringkus lima pelaku pencurian 16 baterai tower milik PT Terkomsel senilai Rp 84 juta di Kabupaten Pangkep.

Kelima pelaku diamankan di Jalan Bandang, Makassar, Selasa (11/06/2019). Para komplotan pencuri baterai tower tersebut, masing-masing Usman Balo (28), Ilham (24), Said Aslam (40), Irfan (27) dan Yusuf (24).

“Mereka kami amankan setelah melakukan penyelidikan melalui rekaman CCTV dan keterangan saksi-saksi di TKP,” sebut Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius MB.

Dari hasil rekaman CCTV, jumlah pelaku hanya tiga orang. Satu diantaranya mengenakan atribut teknisi PT Telkomsel.

Sementara dua pelaku lainnya diamankan saat menurunkan barang bukti hasil kejahatan dari atas mobil. Rencananya 28 baterai yang telah diamankan polisi akan dijual ke seorang penadah di Jalan Rappo-Rappo, Makassar.

“Berbekal informasi tersebut anggota menuju salah satu terduga pelaku atas nama Ilham dan mendapati yang bersangkutan bersama rekan-rekannya baru saja selesai menurunkan barang bukti berupa baterai tower dari atas mobil xenia warna putih,” terang Arten.

Penangkapan para pelaku menyusul aksi mereka yang berlangsung di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep, pada 5 Mei 2019.

Dari hasil pemeriksaan sementara, para pelaku juga pernah menjalankan aksinya mencuri depalan baterai tower di Jalan Ir Sutami, Makassar, pada 6 Juni 2019. Kemudian mengambil 12 baterai tower di Jalan Toa Daeng, Makassar.

Bahkan pelaku Ilham disebut pernah melakukan aksinya saat masih bekerja sebagai Teknisi di PT Telkomsel bersama dua rekannya yang masih buron, Satria dan Agung, pada 2018 lalu.

Kasat reskrim Polres Pangkep, AKP Anita Taherong mengatakan, para pelaku dikenakan pasal 363 ayat (1) ke 4 dan 5 subsider pasal 362 KUHP. Dan terancam hukuman penjara tujuh tahun.

“Para pelaku mengaku melakukan pencurian dengan modus berpura-pura menjadi petugas dari Telkomsel yang datang untuk memeriksa tower. Di tower dan mengambil seluruh baterai yang ada di tower,” ungkapnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya