Sosialisasikan Perwali Minol, Disdag Makassar Cek Kelengkapan Izin Karaoke Keluarga

12 June 2019 19:58
Sosialisasikan Perwali Minol, Disdag Makassar Cek Kelengkapan Izin Karaoke Keluarga

POSMAKASSAR.COM – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar melakukan pengecekan dokumen perizinan ke sejumlah usaha rumah bernyanyi keluarga yang ada di Kota Makassar,  Rabu (12/6/2019).

Kepala Bidang Perdagangan Disdag Kota Makassar, Abdul Hamid mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengawasan dan pengendalian terhadap penjualan dan peredaran minuman beralkohol (minol) yang dilaksanakan pihaknya secara rutin. Tujuannya, antara lain untuk memastikan kesesuaian izin yang dimiliki para pengusaha hiburan, khususnya pada rumah bernyanyi (Karaoke) keluarga.

“Dalam Perda Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 20 Tahun 2014 atau sebagaimana yang telah diubah menjadi Permendag Nomor 6 Tahun 2016 tentang pengendalian dan pengawasan terhadap pengadaan, peredaran dan penjualan minuman beralkohol, telah ditetapkan bahwa usaha yang menjual Minol golongan A wajib memiliki Surat Keterangan Penjual Langsung Minuman Beralkohol golongan A (SKPL-A), sedangkan untuk usaha yang menjual golongan B dan C itu wajib memiliki SIUP-MB,” paparnya.

Dalam kaitan tersebut, tambahnya, tim Disdag juga mensosialisasikan berlakunya Peraturan Walikota Makassar (Perwali) Nomor 17 Tahun 2019 tentang Juknis Pelaksanaan Perda Nomor 4 Tahun 2014.

“Substansi utama dalam Perwali ini mengatur bahwa semua usaha yang melakukan penjualan Minol wajib mendaftarkan usahanya. Sebaliknya, Disdag Kota Makassar akan mengeluarkan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) sebagai bentuk pengawasan terhadap usaha-usaha tersebut,” paparnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya