Pria yang Menjelekkan Anggota Polisi di Facebook Diancam 6 Tahun Penjara

21 June 2019 05:12
Pria yang Menjelekkan Anggota Polisi di Facebook Diancam 6 Tahun Penjara

POSMAKASSAR.COM – Pelaku ujaran kebencian yang diamankan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel, Faizal Karaeng Lomba (32), terancam dipenjara selama enam tahun akibat postingan di akun Facebooknya menjelek-jelekkan aparat kepolisian yang bertugas saat kerusuhan 21-22 Mei lalu.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, Faizal disangkakan Pasal 45 A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Itu ancaman hukumannya paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar,” kata Dicky, Kamis (20/6/2019).

Dicky mengatakan, Faizal hanya dikenakan pasal UU ITE karena melakukan provokasi di media sosial Facebooknya.

Dicky menambahkan, dengan penangkapan Faizal, sudah ada empat orang pelaku ujaran kebencian yang diamanakan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel selama tahun 2019.

Situasi ini disebut sangat berbahaya mengingat tahun 2019 merupakan tahun politik di Indonesia.

“Jadi jangan sampai terjadi lagi ini sangat bahaya sekali karena bisa membenturkan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Sulsel mengamankan Faizal Karaeng Lomba (32) terkait kasus dugaan ujaran kebencian atau penyebaran isu sara di media sosial Facebook milinya. Ia diamankan pada hari Selasa 18 Juni 2019, di Jalan Gunung Bawakaraeng, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, ujaran kebencian ditulis Faizal di akun pribadi Facebooknya yakni menjelek-jelekkan aparat kepolisian yang bertugas saat kerusuhan 21-22 Mei 2019 yang lalu. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya