Tanpa Izin Edar, BPOM Geledah Rumah Memproduksi Kosmetik Palsu

25 June 2019 19:45
Tanpa Izin Edar, BPOM Geledah Rumah Memproduksi Kosmetik Palsu

POSMAKASSAR.COM – Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), bersama aparat kepolisian menggeledah dua rumah di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar.

Berdasarkan laporan warga, rumah tersebut diduga menjadi tempat produksi bahan-bahan kosmetik ilegal.

Penggeledahan digelar pada Selasa (25/6/2019) sekitar pukul 13.00 Wita. Dari penggeledahan tersebut, ditemukan sejumlah kosmetik dari berbagai merek yang diduga palsu.

“Hari ini kami, penyidik bersama Polda (Sulsel), melakukan proses penindakan terhadap dua rumah yang melakukan pengedaran kosmetik tanpa izin edar. Banyak setelah kami cek tidak terdaftar dan kami lakukan pengujian bahan berbahaya atau tidak, apakah yang diamankan terdaftar atau tidak,” kata Kepala BPOM Makassar Abdul Rahman Rahim.

Menurutnya, dari laporan warga yang diterima, kosmetik-kosmetik yang ditemukan itu diedarkan di beberapa wilayah Sulsel. Ada juga yang diedarkan melalui media sosial.

“Diedarkan di daerah di Sulsel, ada beberapa secara online. Sementara kami mengamankan barangnya. Kami melakukan pemanggilan dan apakah hanya di sini (tempat penyimpanannya),” jelas Abdul. 

Selain kosmetik, ditemukan barang-barang lain, seperti sabun dan pemutih. Menurut Abdul, barang-barang tersebut, termasuk kosmetik, dikirim dari Pulau Jawa.

“(Ada) kosmetik rias, sabun, ada beberapa vitamin, pemutih, dan racikan. Banyak sekali dari 2 gudang. Nanti kita akan mendalami lagi. Untuk sementara mengambil barang dari Pulau Jawa dan nanti mendalami lagi,” paparnya. 

Terkait penemuan tersebut, pemilik barang dijerat dengan Pasal 197 Undang-Undang (UU) Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Selanjutnya, kosmetik dan barang-barang yang disita akan dibawa ke kantor BPOM Makassar untuk diteliti. (Rls)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya