Kurir Sabu 1 Kg ‘Disengat’ Tim Ubur-Ubur Polrestabes Makassar

29 June 2019 14:13
Kurir Sabu 1 Kg ‘Disengat’ Tim Ubur-Ubur Polrestabes Makassar

POSMAKASSAR.COM – Tim Ubur-ubur Polres Makassar menggagalkan peredaran sabu seberat 1 kg yang dibawa oleh kurir, Irsal alias Ical (24). Pelaku menyelundupkan sabu tersebut di dalam mobil yang mengangkut buah naga. 

“Jadi TSK ini modusnya berkamuflase dengan berpura-pura mengangkut buah naga di mobilnya dari Pinrang ke Makassar. Dia bawa sabu bersamaan dengan buah naga, tapi sabunya itu ditaruh dibawa jok mobil,” ujar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo, pada Jumat (28/6/2019) kemarin.

Kurir sabu tersebut ‘disengat’ oleh Tim Ubur-ubur di perbatasan Makassar dan Kabupaten Maros, tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan. Polisi mengetahui narkoba ini berasal dari negara Malaysia, yang masuk ke Indonesia melalui Kalimantan dan kemudian ke Kabupaten Pinrang. 

Sabu-sabu seberat 1 kilogram itu dibagi-bagi menjadi 26 paket dengan upah bagi kurir sebesar Rp 2,5 juta. Pelaku juga mengaku sudah dua kali membawa sabu-sabu tersebut dari Pinrang ke Makassar. 

“Menurut pengakuan Ical, dia sudah dua kali mengantar sabu, yang pertama 1 kg juga. Dia mengantar barang haram tersebut dengan upah sebesar Rp 2,5 juta,” sebut Wahyu.

Wahyu menambahkan, selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti mobil bak terbuka yang dikendarai tersangka. 

“Kami sita juga mobil yang dikendarai dan membawa sabu,” ucapnya.

Saat dibekuk polisi, Ichal asal kabupaten Pinrang tersebut dikabarkan mencoba melawan, sehingga tim Polrestabes Makassar terpaksa menembak kakinya.

“Iya, yang bersangkutan ditembak anggota kami karena dia mencoba melawan,” kata Kapolrestabes Makassar menambahkan.

Kombes Wahyu mengakui, penyelidikan dan pengungkapan sabu ini sejak tanggal 26 Juni lalu.

Sesuai hasil penyelidikan dan penyidikan tim penyidik, Ichal diketahui sudah kerap kali menggunakan modus tersebut untuk masukan sabu dari Malaysia ke Makassar.

Tim penyidik Satresnarkoba Polrestabes pun mencatat, kurang lebih ada 9 kg narkoba jenis sabu yang telah masuk dengan cara modus yang sama, tapi kali ini baru berhasil diungkap. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya