Mantan Ketua PWI Sulsel Dituntut Ancaman Hukuman 4 Tahun 6 Bulan Penjara

04 July 2019 21:57
Mantan Ketua PWI Sulsel Dituntut Ancaman Hukuman 4 Tahun 6 Bulan Penjara

POSMAKASSAR.COM – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, menggelar sidang dengan agenda pembacaan tuntutan terhadap mantan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan, Zulkifli Gani Ottoh alias Zugito, pada Kamis (04/7/2019).

Seperti diketahui, Zugito adalah terdakwa kasus dugaan korupsi penyewaan gedung PWI, Jalan AP Pettarani, Makassar, yang merupakan aset Pemerintah Provinsi Sulsel.

Lantai dasar gedung PWI Sulsel tersebut disewakan dan dijadikan minimarket. Diduga, uang penyewaan tersebut tidak disetorkan ke kas daerah, sehingga perbuatannya diduga telah merugikan negara sebesar Rp 1.634.396.336.

Dalam surat tuntutan yang dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), terdakwa dituntut ancaman hukuman selama 4 tahun 6 bulan penjara.

“Tuntutanya tadi 4 tahun 6 bulan penjara,” kata JPU, Kasma kepada wartawan di temui di Kejari Makassar usai persidangan, Kamis (04/07/2019).

Tidak hanya dikenakan tuntutan pidana. Ia juga dikenakan denda sebesar Rp 100 juta subsider 6 bulan dan uang pengganti sebesar Rp 1,6 miliar subsider 10 bulan atas kerugian negara yang ditimbulkan oleh terdakwa.

Menanggapi tuntutan JPU, Penasehat Hukum terdakwa, Ridwan Jonni Silamma menilai tuntutan JPU terlalu berlebihan.

“Tuntutan sangat berlebihan, karena terdakwa sama sekali tidak pernah menerima atau menikmati seperti yang didakwakan JPU,” sebutnya.

Ridwan juga menganggap tuntutan JPU ini telah mengabaikan fakta yang terungkap dalam persidangan. Dari puluhan saksi yang dihadirkan, tidak ada satupun saksi yang membenarkan Zugito menerima uang.

Begitu pun terkait penyewaaan gedung. Selama ini pemprov dianggap tidak pernah keberatan atas penyewaan gedung tersebut.

Adapun inisiatif sewakan gedung bukan semata-mata kepentingan pribadi terdakwa. Adapun biaya sewa dipergunakan untuk biaya operasional kantor atau gedung PWI.

“Sama sekali tidak ada niat terdakwa untuk menguntungkan diri sendiri,” tuturnya.

Ridwan memastikan atas tuntutan JPU, pihaknya bakal mengajukan pledoi pada sidang selanjutnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya