DPO Aksi Kejahatan Jalanan Tewas Diterjang Peluru

09 July 2019 16:00
DPO Aksi Kejahatan Jalanan Tewas Diterjang Peluru

POSMAKASSAR.COM – Pelaku pencurian yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), Muh. Yusuf alias Deden (18), warga jalan Karaeng Bonto Satanga, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar tewas tertembak polisi, Selasa (9/7/2019).

Diketahui, Deden mulai melakukan aksi kejahatan jalanan sejak usia 14 tahun, dirinya terhitung sudah 4 kali ditangkap oleh Timsus Polsek Rappocini namun selalu lolos dari jeratan hukum lantaran masih dibawah umur.

Hal inilah yang membuat dirinya semakin berani melakukan tidak kejahatan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian dengan pemberatan (Curat), yang sudah sangat meresahkan masyarakat Kota Makassar.

Timsus Polda Sulsel dan Timsus Polsek Rappocini dikabarkan beberapa kali berupaya menangkapnya, namun berhasil lolos dengan cara memberontak. Terhitung sudah 4 kali Ia berhasil meloloskan diri dari kawalan polisi.

Tersangka akhirnya berhasil diringkus oleh Tim gabungan Timsus Polda Sulsel dan Timsus Polsek Rappocini, di Jalan Metro Tanjung Bunga, saat ikut balapan liar dengan menggunakan motor scoopy hasil curian.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti 4 unit sepeda motor dan 1 unit Hp, sebelum tersangka tewas diterjang peluru.

“Jadi saat pengembangan, pelaku ini mencoba melarikan diri dengan melawan dan menendang petugas. Sehingga dengan terpaksa dilumpuhkan. Selanjutnya, saat dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar untuk diberikan perawatan medis, nyawanya tidak tertolong lagi,” ucap Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Iqbal Usman, saat ditemui di RS Bhayangkara Makassar.

Iqbal menjelaskan, Deden merupakan pelaku kejahatan pencurian yang kerap beraksi di sejumlah masjid di Kota Makassar. Ia juga telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yang sudah keluar masuk rumah tahanan (Rutan) Polsek Rappocini serta dalam catatan kriminalnya, ia telah memiliki 16 laporan polisi (LP) di wilayah hukum Polrestabes Makassar.

“Dia ini pelaku pencurian spesialis masjid-masjid dan sempat beberapa kali terekam CCTV. Selain itu, ia juga kerap melakukan aksi begal di beberapa lokasi di Kota Makassar. Saat beraksi, Deden juga terbilang sadis karena tak segan-segan melukai korbannya dengan senjata tajam,” tambahnya.

“Saat beraksi di masjid, Deden awalnya berpura-pura ikut shalat bersama jemaah. Melihat para jemaah sedang sholat, ia pun bergegas keluar dan mengambil sepeda motor jemaah. Tak hanya sepeda motor, Deden juga terekam CCTV mengambil tas jemaah yang shalat,” sambungnya.

Hal senada diungkapkan Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius. Menurutnya, pengungkapan kasus ini, bermula dari adanya informasi masyarakat atas keberadaan pelaku yang sedang melakukan balapan liar di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Sehingga, petugas gabungan dari Timsus Polda Sulsel dan Polsek Rappocini langsung mendatangi lokasi keberadaan pelaku tersebut.

Sesampainya di lokasi, petugas gabungan langsung mengepung pelaku. Aksi sigap petugas gabungan ini pun berhasil meringkus pelaku. Selanjutnya, Deden dibawa ke Posko Timsus Polda Sulsel dengan maksud untuk dilakukan pemeriksaan atau interogasi awal atas kejahatannya.

“Ia kemudian langsung diamankan dan dibawa ke posko Timsus Polda Sulsel untuk diinterogasi,”  ujar Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius.

Saat diinterogasi, tersangka mengakui perbuatannya dengan melakukan tindak pidana curas, curat, curanmor, penganiayaan, dan pencurian di beberapa masjid di wilayah hukum Polrestabes Makassar.

“Selanjutnya anggota melakukan pengembangan untuk mencari barang bukti dan berhasil mengamankan barang bukti berupa empat unit sepeda motor serta satu unit hp, ” jelasnya.

Saat anggota dalam perjalanan ke TKP tersangka mencoba melarikan diri dari kawalan petugas dengan cara pelaku mendorong dan menendang anggota sehingga terjatuh dari sepeda motor.

“Terpaksa anggota menumpuhkan dibagian kanan kakinya, namun pelaku masih melakukan perlawan terhadap anggota selanjutnya anggota melumpuhkan pelaku di bagian dada sebelah kiri sebanyak satu kali, ” kata dia. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya