Terlibat Pencurian Uang, 2 Orang WNA Diringkus Timsus Polda Sulsel

25 July 2019 23:11
Terlibat Pencurian Uang, 2 Orang WNA Diringkus Timsus Polda Sulsel

POSMAKASSAR.COM – Diduga melakukan aksi pencurian disalah satu warung di Makale, Kabupaten Tana Toraja, Tim Khusus (Timsus) Polda Sulsel meringkus dua orang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Iran.

Dari paspor WNA tersebut, keduanya diketahui bernama Behzadhossein (42) dan Rahim (32). Keduanya ditangkap di Jalan A. Pangeran Pettarani, Kota Makassar, pada Kamis (25/7/2019).

Penangkapan pelaku berawal informasi kalau keduanya tengah dalam perjalanan menuju ke Kota Makassar. Tim yang melakukan penyelidikan, akhirnya berhasil mencegat dan meringkus pelaku yang saat itu diketahui menggunakan mobil rental.

Salah seorang personil Timsus Polda Sulsel, Bripka Jalil Wahyudin menjelaskan, kedua WNA tersebut diketahui telah melakukan aksi pencurian di salah satu warung di Makale, berdasarkan Laporan Polisi dari Polres Tana Toraja per tanggal 21 Juli 2019.

“Jadi, modus pelaku ini dengan berpura-pura menjadi pembeli di warung. Satu pelaku bertugas untuk mengalihkan petugas warung, sementara pelaku lainnya membuka dan mengambil uang yang ada di dalam laci warung,” ungkap Bripka Jalil saat dikonfirmasi awak media di Posko Timsus Polda Sulsel.

Aksi pencurian tersebut sempat terekam kamera video digital atau CCTV (Closed Circuit Television) yang ada disekitar warung, sehingga saat petugas memperlihatkan bukti rekamannya, keduanya pun tak bisa mengelak.

“Total uang yang diambil oleh pelaku diperkirakan berjumlah Rp12.000.000,- (dua belas juta rupiah) yang merupakan uang hasil penjualan di warung tersebut,” ungkap Jalil.

Hingga saat ini, katanya, petugas masih berupaya menggali informasi dari pelaku, kedua WNA tersebut diketahui tidak fasih berbahasa Indonesia.

“Belum ada barang bukti yang diamankan karena masih perlu dilakukan pemeriksaan secara insentif, berhubung para pelaku merupakan WNA maka dibutuhkan penerjemah khusus untuk bisa berkomunikasi dengan mereka. Selain itu, kami sudah berkoordinasi dengan Polres Tana Toraja untuk dilakukan penjemputan di Makassar yang selanjutnya akan diproses lebih lanjut,” tutup Bripka Jalil. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya