Rilis Kasus Narkoba Anggota Dewan Terpilih, RT Akui Sudah 6 Bulan Konsumsi Sabu

20 August 2019 19:28
Rilis Kasus Narkoba Anggota Dewan Terpilih, RT Akui Sudah 6 Bulan Konsumsi Sabu

POSMAKASSAR.COM – Polrestabes Makassar merilis kasus Caleg DPRD Makassar terpilih dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rahmat Taqwa Qurais, yang ditangkap karena terlibat penyalahgunaan narkoba.

Rilis kasus oleh Kapolrestabes Makassar Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo, didampingi Kasatresnarkoba Kompol Diari Astetika, digelar di Mapolrestabes, Selasa (20/8/2019) sore tadi.

Menurut Kapolrestabes Makassar, pelaku Rahmat Taqwa alias RT, ditangkap dirumahnya di Jalan Barukang 2, Nomor 37, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar oleh tim Satresnarkoba, pada pukul 00.30 Wita.

“Yang bersangkutan kami amankan tepat di rumahnya di Jalan Barukang, dan ada barang bukti narkoba yang diamankan di rumahnya tadi malam,” kata Kombes Wahyu Ariwibowo.

Barang bukti yang disita Satresnarkoba Polrestabes Makassar, kata dia, berupa alat hisap sabu atau bong dari botol kaca, dua paket narkoba jenis sabu, dan dua linting tembakau sintetis yang diduga narkotika jenis ganja.

“Ini ada tembakau sintetis juga milik yang bersangkutan, dia (Rahmat alias RT) sudah dites urinnya dan positif, ini langsung kami tahan untuk dikembangkan,” jelas Wahyu.

Menurut Kombes Wahyu, penangkapan Rahmat alias RT, setelah tim Satresnarkoba Polrestabes melakukan penyelidikan dan pengembangan dari beberapa jaringan lain.

“Jadi, penangkapan RT ini berdasarkan hasil penyelidikan dan pengembangan dari jaringan narkoba di Makassar, dan pelaku RT ini untuk sementara diketahui sebagai pengguna. Ya masih kami dalami lagi jaringan lainnya,” tambahnya.

Saat rilis, Rahmat Taqwa alias RT yang dikawal dua anggota polisi bersenjata lengkap, terlihat mengenakan kemeja putih dengan dalaman baju kaos warna putih dan celana jeans. Ia hanya tertunduk saat Kapolrestabes Makassar memberikan keterangan kepada sejumlah awak media.

Dari pemeriksaan sementara, Rachmat mengaku sudah 6 bulan menggunakan narkoba jenis sabu. Hasil tes urine juga menunjukkan Rachmat positif mengonsumsi narkoba.

Terpisah Kasat Narkoba Polrestabes Makassar, Kompol Diari Astetika mengatakan RT merupakan target operasi dan dari hasil tes urine, ia positif narkoba jenis sabu.

“Barang bukti kami temukan ada pada kamarnya dan dikuasi oleh yang bersangkutan. Nanti kita lihat apakah dari permohonan keluarga ada asesmen. Tapi kita tetap akan lakukan proses hukum karena ada barang bukti narkoba,” tegasnya.

Dan atas perbuatannya, RT akan dijerat dengan pasal 114 ayat (1), atau112 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2019 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat empat tahun dan paling lama 20 tahun atau seumur hidup.

“Dia memberi, menerima, memiliki, menyimpan, dan menguasai narkotik jenis sabu. Dan saat ini kita masih melakukan pengejaran terhadap bandarnya atau tempat dimana membeli sabu,” ungkap Diari. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya