Satres Narkoba Polres Pelabuhan Lumpuhkan TO Pengedar Narkoba

05 September 2019 18:41
Satres Narkoba Polres Pelabuhan Lumpuhkan TO Pengedar Narkoba

POSMAKASSAR.COM – Tim Satuan Reserse (Satres) Narkoba Polres Pelabuhan 
Makassar meringkus seorang terduga pelaku penyalahgunaan dan peredaran (Lahgun-Edar) Narkotika jenis Sabu -sabu, Muh Salim alias Angel (38) di Jalan Pannampu Lorong 2, Kota Makassar, Rabu (4/9/2019) kemarin.

Dalam konferensi pers yang digelar di Mapolres Pelabuhan Makassar, Jalan Ujungpandang, 
Makassar, Kamis (5/9/2019) siang, Kapolres Pelabuhan Makassar, AKBP Aris Bachtiar mengungkapkan, sebelum ditangkap, Muh Salim alias Angel diketahui sebagai jaringan pengedar Narkoba yang telah menjadi Target Operasi (TO).

Seorang rekan terduga pelaku ini, kata Aris, yakni lelaki Sam Surya sudah ditangkap lebih dahulu pada Operasi Antik Lipu 2019, dan menyebut bila dia mendapatkan barang bukti lima saset diduga sabu seberat 4.90 gram dari Muh Salim alias Angel.

“Jadi, penangkapan tersangka (Muh Salim) ini kita awali pada penangkapan atas nama Sam Surya alias Surya yang diamankan pada saat Operasi Antik Lipu 2019, dan dalam pemeriksaan dia menyebut barang buktinya diperoleh dari Muh Salim,” ungkap Aris Bachtiar.

Saat penangkapan Muh Salim, tambahnya, polisi berhasil menemukan dua saset sabu yang disembunyikan dalam pembungkus rokok.

“Namun, saat pengembangan, Muh Salim ini melakukan perlawanan dan mencoba kabur sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur. Dia dilumpuhkan dengan tembakan pada bagian kaki, setelah sebelumnya diberikan tembakan peringatan.” katanya

Saat Operasi Antik Lipu, lanjut Aris, Muh Salim disebut telah mengedarkan sabu ke sejumlah jaringan pengedar sebanyak 100 gram.

“Sudah ada yang dijual 100 gram. Dia (Muh Salim) menjual pada operasi Antik yang lalu,” ujar Aris.

Selain itu, kata Aris, sepak terjang Muh Salim dalam bisnis peredaran narkoba bukan kali ini saja. Pada 2014 lalu ia juga ditangkap jajaran Satres Narkoba Polres Pelabuhan Makassar atas kasus yang sama.

“Informasi awal, yang bersangkutan (Muh Salim) ini sudah lama terlibat dalam peredaran Narkotika jenis sabu. Dia ini merupakan residivis, kasusnya juga pernah kita tangani pada tahun 2014 lalu,” paparnya.

Pelanggan narkoba jenis sabu Muh Salim kata Aris Bachtiar, hampir semua kalangan. Ada pelajar dan juga ada mahasiswa.

Terpisah, Kasat Narkoba Polres Pelabuhan 
Makassar AKP Ilham Fitriadi mengungkapkan, Muh Salim belum lama ini bebas dari lembaga pemasyarakatan atas kasus yang menjeratnya pada 2014 lalu.

“Baru sekitar satu bulan bebasnya, dia (Muh Salim) ini satu tingkat diatas pengedar. Jadi dia pengedar ke pengedar atau semacam kordinator pengedar,” ungkap Ilham Fitriadi.

Kini Muh Salim dijerat pasal 114 Undang-Undang No 39 Tahun 2019 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara dan maksimal hukuman mati. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya