Kenakan Rompi Tahanan, Jen Tang Diperiksa dan Langsung Ditahan

18 October 2019 10:08
Kenakan Rompi Tahanan, Jen Tang Diperiksa dan Langsung Ditahan

POSMAKASSAR.COM – Setelah dibekuk Tim Kejaksaan Agung disebuah hotel berbintang di daerah Senayan City, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis (17/10/2019), buronan Kejati Sulsel, Soedirjo Aliman alias Jen Tang langsung dijemput Kajati Sulsel, Firdaus Dewilmar di Jakarta.

“Tim dan Jen Tang menggunakan pesawat Citylink dari Jakarta dan diperkirakan tiba sekitar pukul 21.20 Wita,” ungkap Wakajati Sulsel Gery Yasid kepada awak media.

Dari Bandara Hasanuddin di Mandai Maros, Jen Tan dibawa langsung ke kantor Kejati Sulsel untuk menjalani pemeriksaan intensif oleh tim Jaksa lalu dilakukan penahanan.

Pantauan awak media, Jeng Tang tiba di kantor Kejati Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, sekitar pukul 21.35 Wita, pada Kamis (17/10/2019) dan langsung digelandang ke area Pidana Khusus di lantai 5.

Wakajati Sulsel, Gerry Yasid, sebelumnya mengatakan, Jeng Tang akan langsung ditahan di Lapas Klas I Makassar usai diperiksa.

“Setibanya di Kejati (Sulsel) akan dilakukan pemeriksaan dan selesai akan kita lakukan penahanan (20 hari) sambil nanti menunggu penyelesaian perkaranya lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara kuasa hukum Jen Tang, Zamzam mengakui, kliennya resmi ditahan setelah pihaknya terima surat perintah penahanan dan sebelumnya telah menjalani pemeriksaan Jaksa penyidik.

“Iya, ditahan pada Kamis (17/10/2019) pukul 23.05 Wita. Tapi kita sudah mengajukan penangguhan penahanan,” kata Zamzam setelah mendampingi kliennya.

Zamzam menyebutkan, untuk penahanan kliennya Jen Tang. Akan terhitung mulai 17 Oktober sampai 5 November di Lapas.

“Jadi penahananya itu 20 hari, soal proses penangguhan kita tunggu pertimbangan dari pihak kejaksaan ya,” jelas Zamzam.

Setelah Jen Tang resmi ditahan, Zamzam terlihat keluar melalui pintu lift lantai 1 Teras Kejati. Sementara Jen Tang yang mengenakan kemeja putih dengan rompi berwarna Pink milik Kejati, terlihat keluar melalui Basemen Kejati, seolah menghindari wartawan.

Keluar dari lift Basemen Kejati, Jen Tang dan beberapa orang langsung masuk ke dalam mobil Inova Silver, DD 1845 KO, dan langsung dibawa dan ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Makassar.

Seperti diketahui, buronan atas nama Jen Tang, merupakan tersangka kasus dugaan tindak Pidana korupsi penggunaan sewa tanah negara. Lahan
atau tanah itu terletak di Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Makassar tahun 2015 dengan Kerugian Negara Rp 500 juta.

Sebelumnya, dalam catatan tim Intelejen Kejagung, Jen Tan dinyatakan sebagai buronan Kejati sejak dua tahun, tercatat sejak 1 November 2017. Ia merupakan Buron ke 345 sejak program tabur 31.1 diluncurkan oleh Kejaksaan Agung, pada tahun 2018 lalu. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya