Tiga Oknum Notaris di Makassar Diduga Terlibat Korupsi Pajak

26 October 2019 19:53
Tiga Oknum Notaris di Makassar Diduga Terlibat Korupsi Pajak

POSMAKASSAR.COM – Tiga orang notaris di Kota Makassar dikabarkan melakukan penggelapan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BTHTB).

Tiga oknum yang berprofesi notaris tersebut kini di bidik pihak penyidik Polrestabes Makassar.

Kasatreskrim Polrestabes Makassar AKBP Indratmoko mengakui, tiga oknum notaris itu diduga gelapkan BPHTB ratusan juta.

“Kerugian negaranya itu belum ada, tapi diperkirakan ada ratusan juta,” kata AKBP Indratmoko, Sabtu (26/10/2019) malam.

Menurutnya, taksiran ratusan juta itu adalah perorang, dan tiga notaris itu diduga kuat gelapkan pajak karena tidak menyetor ke negara.

Saat ditanya nama dan kantor tiga notaris ternama tersebut, AKBP Indratmoko masih enggan untuk membeberkan itu ke publik.

“Nama ketiga notaris ini nanti saja lah, ini kan masih dilakukan penghitungan negara. Resminya nanti dirilis,” lanjut Indratmoko.

Berdasarkan informasi, dugaan kasus penggelapan dan korupsi BPHTB ini ditangani tim V Tipikor Reskrim Polrestabes Makassar, sejak awal 2019 lalu.

Bahkan tim penyidik dikabarkan telah melakukan pemeriksaan beberapa saksi, diantaranya oknum notaris yang tercantum dalam laporan kasus tersebut.

AKBP Indratmoko mengungkapkan, tiga notaris tersebut diduga kuat terlibat korupsi pajak di beberapa perumahan dalam wilayah Kota Makassar.

“Ada perumahan yang sudah bayar pajak BPHTB ke notaris itu, tapi notaris ini tidak setor ke negara,” jelas Indratmoko. (*/foto ilustrasi)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya