Parkir Sembarangan, Puluhan Mobil Digembok dan Ditilang

05 November 2019 17:19
Parkir Sembarangan, Puluhan Mobil Digembok dan Ditilang

POSMAKASSAR.COM – Parkir sembarangan dengan menggunakan bahu jalan, puluhan kendaraan roda empat digembok pihak Dinas perhubungan Kota Makassar bersama Satuan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Polrestabes Makassar.

Selain roda empat, belasan kendaraan roda dua yang parkir bukan pada tempatnya dan memakai bahu jalan, juga diberikan efek jera dengan cara pengempesan ban kendaraan oleh petugas, Selasa (5/11/2019).

Penggembokan kendaraan roda empat tersebut terpantau di Jalan Pengayoman dan Jalan Boulevard, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Dikawasan ini, sekitar 40 kendaraan roda empat terpaksa digembok karena kedapatan menggunakan bahu jalan, sehingga menyebabkan kemacetan atau arus lalu lintas tidak berjalan lancar.

Sementara untuk pengempesan ban kendaraan roda dua yang parkir bukan pada tempatnya, terpantau di Jalan Adhyaksa, samping Mall Panakkukang. Dilokasi ini, belasan kendaraan roda dua dikenakan sanksi pengempesan ban karena parkir sembarangan, padahal disepanjang area jalan tersebut sudah terpajang rambu lalu lintas dilarang berhenti dan dilarang parkir.

Kasi Pengoprasian Sarana Prasarana Dishub Kota Makassar, Evy Yulia Siregar menerangkan, kegiatan tersebut dilakukan pihaknya bersama Polantas Polrestabes Makassar, tak lain untuk menertibkan kendaraan roda empat dan roda dua yang lalai atau tidak mengindahkan aturan yang telah ditetapkan.

“Adapun pelanggaran rambu dan marga pada hari ini, sekitar 40 unit kendaraan roda empat kami gembok dan penindakan selanjutnya kami serahkannya ke aparat kepolisian untuk memberikan saksi dengan biaya tilang sebesar Rp. 500 ribu. Itu sesuai atau berdasarkan Undang- undang Nomor 22 tahun 2009 pasal 27 ayat 1 dan 3.” kata Evy.

Selain itu, tambahnya, pihaknya juga melakukan pengempesan ban belasan kendaraan roda dua sebagai efek jera bagi pemiliknya, karena dengan adanya parkir kendaraan roda dua yang seenaknya itu, juga menjadi salah satu faktor macetnya arus lalu lintas dikawasan tersebut.

“Kan sudah ada terpajang plan rambu lalu lintas, dilarang parkir dan dilarang berhenti, tapi pemilik kendaraan tersebut tidak mengindahkannya,” jelasnya.

Sementara anggota Polantas Polrestabes Makassar, Bripka Daniel membenarkan, ada sekitar 40 kendaraan roda empat yang kena sanksi gembok dan tilang dalam kegiatan penertiban tersebut.

Pihaknya, kata dia, juga terpaksa menyita dokumen atau surat tanda nomor kendaraan dari para pemiliknya.

“Setelah kami tilang, yah silahkan para pemilik kendaraan ini mengikuti sidang sesuai jadwal yang ditetapkan,” ungkapnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya