Catut Humas Polda Sulsel, Dua Warga Sidrap Dibekuk Usai Tipu Polisi Rp 150 Juta

15 November 2019 20:15
Catut Humas Polda Sulsel, Dua Warga Sidrap Dibekuk Usai Tipu Polisi Rp 150 Juta

POSMAKASSAR.COM – Dua orang warga Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulsel, berinisial KD dan AC ditangkap karena menipu anggota Polda Sulsel.

Korban tertipu Rp 150 juta usai ditelepon pelaku yang mengaku sebagai Kabid Humas Polda Sulsel.

Kasus ini pun dirilis langsung Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Adnas di lobi Mapolda, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Jumat (15/11/2019) petang.

“Perannya (AC dan KD) ini pemegang rekening, masuk ke rekening dia (transfer dari korban), nanti ditransfer lagi ke seseorang (eksekutor penelpon),” ujar Wakapolda Sulsel, Brigjen Adnas.

Saat ini polisi mengejar otak pelaku yang membuat skenario sebagai kabid humas Polda Sulsel. “Sedang kita kejar,” imbuh Adnas.

Pelaku menurut Adnas memanfaatkan proses mutasi di Polda Sulsel. Penipu menginformasikan soal jabatan baru.

“Jadi modus operandinya ini dimanfaatkan oleh pelaku ini berpura-pura dengan menjadi pejabat yang baru dengan meniru suara, kemudian meniru bahasa dan logat sebagai pejabat yang baru,” ujar Adnas.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pelaku yang mencatut nama pejabat Polda Sulsel itu beraksi dengan menegur korban selaku bawahan.

“Dia tegurlah, ‘eh kamu gini-gini, katanya suaranya mirip sekali. Begitu ditegur, ‘siap Pak, siap’, berarti sudah patuh berarti kan,” ujar Kombes Ibrahim.

“Besoknya, pelaku ini masuk lah ke materinya, ‘eh saya ada keperluan ini, tolong bantu dulu lah,” imbuh Ibrahim.

Korban yang berinisial AA, kata Ibrahim, pun ‘membantu’ keperluan pelaku dengan mengirim uang senilai Rp 150 juta menggunakan uang pribadi. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya