Bobol ATM di Makassar, WNA Malaysia Diciduk Polisi

28 December 2019 15:36
Bobol ATM di Makassar, WNA Malaysia Diciduk Polisi

POSMAKASSAR COM – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia, Muhammad Azmi (35), diciduk aparat Polrestabes Makassar setelah ketahuan membobol ATM sekitar Rp 100 juta dengan modus skimming.

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Yudhiawan Wibisono didamping Kasat Reskrim, AKBP Indratmoko mengungkap kasus pembobolan ATM tersebut melalui konferensi pers di Mapolrestabes Makassar, Jumat (27/12/2019).

Sebelum tertangkap di Makassar, Muhammad Azmi diduga juga telah beraksi di Balikpapan.

Di Makassar, ATM yang dibobol Azmi merupakan gerai milk Bank BNI yang berlokasi di Jalan Penghibur. Ia didapati petugas ATM saat memasukkan kartu debit berbeda bewarna silver.

Kecurigaan petugas bank kian menguat saat melihat Azmi membawa puluhan kartu debit yang tidak lazim.

Ia pun diamankan ke pos pengamanan Operasi Lilin yang berlokasi di depan Anjungan Pantai Losari.

Setelah itu ia dijemput personel Polsek Ujungpandang dan diserahkan ke Satuan Reskrim Polrestabes Makassar.

Sat Reskrim Polrestabes pun kemudian melakukan penyelidikan dengan mengutus Tim Jatanras ke hotel tempat menginap Azmi.

Hasilnya, polisi mendapati uang tunai ratusan juta rupiah dan puluhan kartu debit hasil skimming.

Atas perbuatanya, Azmi terancam menjalani kurungan 12 tahun penjara di Indonesia.

Ia dijerat Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan pasal pidana pencurian oleh Kepolisian Resort Kota Besar Makassar.

“Jadi Undang-Undang ITE masuk, yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 terus kemudian 362 (pencurian) juga kita junctokan. Hukumannya itu 12 tahun,” kata Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono.

Yudhiawan Wibisono pun menghimbau warga agar berhati-hati saat menggunakan kartu debit di ATM. Terlebih jelang momen pergantian tahun seperti saat ini.

“Jadi kita himbau kepada seluruh masyarakat, apabila akan mengambil uang di ATM, kita cek dulu ATM yang memang dijaga, kalau di dalam bank saya yakin itu aman. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya