Cegah Penyebaran Virus Corona, Siswa PAUD, SD dan SMP di Makassar Akan Diliburkan

15 March 2020 20:33
Cegah Penyebaran Virus Corona, Siswa PAUD, SD dan SMP di Makassar Akan Diliburkan

POSMAKASSAR.COM – Sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), Dinas Pendidikan Kota Makassar berencana akan meliburkan seluruh sekolah di Makassar.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas 
Pendidikan Kota Makassar, Abdul Rahman Bando kepada awak media mengatakan, libur sekolah dimaksud khusus pada tingkatan PAUD, SD dan SMP. Sedangkan untuk SMA, kewenangannya berada di bawah Dinas Pendidikan Sulsel.

“Jadi rencana kita akan liburkan anak didik kita. Hal ini menindaklanjuti rapat khusus dengan Pj Walikota Makassar terkait penanganan virus corona,” ujar Rahman Bando, Minggu (15/3/2020).

Menurutnya, libur sekolah karena corona dijadwalkan mulai Selasa, 17 Maret 2020, selama dua pekan.

Kebijakan libur sekolah ini, lanjutnya, tidak dalam artian libur total. Pihak sekolah, kata Rahman, tetap melakukan proses belajar mengajar melalui sosial media.

“Seperti obrolan di grup WhatsApp. Di grup itu guru dan para pelajar bisa belajar seperti yang berlangsung di ruang belajar (kelas). Jadi tetap belajar walaupun itu hanya di rumah,” kata Rahman.

Ia berharap, dengan kebijakan ini semangat para pelajar tetap seperti biasanya.

Bagaimana dengan pelajar yang tak punya smartphone untuk melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Menurut Rahman, pelajar yang tak punya smartphone tetap diberikan tugas oleh gurunya, dengan metode khusus.

Secara teknis, pihaknya baru akan merapatkan tugas-tugas atau pekerjaan rumah para pelajar selama ia diliburkan.

Selama libur, lanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Makassar juga akan melakukan penyemprotan anti septik di seluruh sekolah yang ada di Makassar.

Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Makassar telah melakukan kesepakatan untuk melakukan sterilisasi sekolah disaat sekolah dalam kondisi kosong (libur).

“Jadi selama anak-anak kita diliburkan, tim medis Dinas Kesehatan akan melakukan penyemprotan anti septik. Ya ini sudah kita koordinasikan,” katanya.

Terkait dengan virus Corona, Dinas Pendidikan Makassar juga akan mengumpulkan para perwakilan Sekolah untuk membahas penanganan virus Corona bersama Dinas Kesehatan.

Rencananya rapat koordinasi ini akan berlangsung di Kantor Balaikota, dan dipimpin langsung Pj Walikota Makassar Iqba Suhaeb pada Senin besok. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya