Kasus PDP Corona di Makassar, 2 Negatif 1 Menunggu Hasil

16 March 2020 20:36
Kasus PDP Corona di Makassar, 2 Negatif 1 Menunggu Hasil

POSMAKASSAR.COM – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar menyebut saat ini terdapat tiga kasus Pasien dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona. Mereka pun di rawat di RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar.

Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen ketiga pasien ini oleh Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), menunjukkan dua dari tiga pasien tersebut telah dinyatakan negatif COVID-19. Sementara satu pasien lainnya, masih menunggu hasil.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengungkapkan hal tersebut saat Rapat Koordinasi Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan COVID-19 Makassar di Ruang Rapat Sipakatau Kantor Walikota Makassar, Senin (16/03/2020).

“Iya yang tiga itukan sudah dilakukan pemeriksaan, dua hasilnya sudah keluar negatif, dan satu sedang konfirmasi menunggu hasil,” katanya.

Sementara itu, tidak ada pasien Orang dalam Pemantauan (ODP) di Makassar. Namun ada 30 kasus orang yang sementara dalam pengamatan. Ini merujuk pada data Dinkes Makassar per tanggal 16 Maret 2020.

Naisyah menyebut bahwa pemeriksaan ini berjalan lamban lantaran spesimen yang mesti diperiksa melalui Litbangkes. Namun dia berharap, agar pihak pemerintah menginginkan tiap daerah untuk turut melakukan pemeriksaan.

“Karena satu pintu pemeriksaan, semua dikirim ke Litbangkes dan itu berapa lama baru ada hasil. Mudah-mudahan daerah diberi kewenangan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan (Dinkes Sulsel), Muhammad Ichsan yang dihubungi awak media menegaskan, hingga Senin (16/3/2020) belum ditemukan warga Sulsel yang dinyatakan positif mengidap Covid-19 atau Virus Corona.

“Alhamdulillah belum ada yang positif Corona. Semoga ini terus terjaga,” ujar Ichsan via pesan WhatsApp, Senin (16/3/2020).

Menurutnya, sejak Januari hingga pertengahan Maret ini, total sudah ada 76 warga yang diperiksa.

Dengan rincian, 68 warga masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan delapan warga yang masuk kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Saat ini, lanjut Ichsan, delapan warga Sulsel yang masuk kategori PDP diketahui sebelumnya pernah berkunjung ke daerah yang terdapat kasus positif corona.

Namun Ichsan tidak menyebut di mana delapan PDP itu diisolasi.

“Jadi yang penting untuk disampaikan sebenarnya mengenai jumlahnya saja. Sebanyak 8 PDP,” katanya.

Dari delapan warga Sulsel itu, sebanyak 6 orang sudah dinyatakan negatif corona.

Sementara dua sisanya, hasil pemeriksaannya akan keluar pada Rabu (18/3/2020) mendatang.

“Iya delapan PDP, dua lagi proses, mungkin hari Rabu keluar hasilnya,” katanya.

Ichsan pun meminta stafnya, tim surveilans Corona, untuk memaparkan data ODP dan PDP di Sulsel. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya