Gugus Tugas Siaga Covid-19 Datangkan Drone Pendeteksi Suhu Tubuh

30 March 2020 16:26
Gugus Tugas Siaga Covid-19 Datangkan Drone Pendeteksi Suhu Tubuh

POSMAKASSAR.COM – Alat pendeteksi suhu tubuh dengan sistem Drone untuk menangkal penyebaran virus Corona, yang sebelumnya dipesan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, akhirnya tiba di Makassar.

Drone tersebut kini di ujicoba langsung penggunaannya, pada Senin (30/3/2020).

Rencananya, drone tersebut setelah menjalani masa ujicoba, akan diterbangkan di sejumlah lokasi-lokasi yang dianggrap ramai aktivitas masyarakat sehingga dapat mendeteksi dini penyebaran virus corona (Covid-19).

Drone ini mempunyai tiga fungsi, salah satunya bisa berfungsi mendeteksi suhu panas tubuh manusia.

Uji coba ini dilakukan dengan berbagai macam metode, diantaranya diterbangkan dengan mengarah ke kerumunan massa dan juga melacak suhu tubuh.

Drone ini dilengkapi Termoscanner yang terkoneksi di layar control yang nantinya akan berbunyi secara tiba-tiba jika menangkap suhu tubuh diatas 38 derajat celcius.

Jika hal itu ditemukan, maka orang tersebut akan dilakukan observasi lebih lanjut oleh tim yang dibentuk Gugus Tugas Covid-19 Sulsel.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengatakan, pihaknya sementara uji coba drone yang akan diterbangkan di sekitar wilayah yang dianggap pandemic virus Corona.

“Drone ini mempunyai tiga fungsi, salah satunya bisa berfungsi mendeteksi suhu panas tubuh kita. Makanya, kami nanti akan terbangkan di sekitar kerumunan warga. Disitu drone ini akan terbang dan mendeteksi suhu tubuh warga yang berada dikerumunan tersebut,” ungkap Pangdam Hasanuddin.

Pangdam Hasanuddin menerangkan, jika pada drone tersebut disudah diatur mengenai suhu tubuh panas seseorang, sehingga apabila diantara kerumunan warga ada yang diatas 38 derajat Celcius akan mengeluarkan tanda.

“Diatas 38 derajat Celcius alarm drone ini akan berbunyi, selain itu alat ini juga bisa dijadikan alat edukasi kepada masyarakat. Jika ada diatas 38 derajat Celcius, Tim Satgas Pencegahan langsung bergerak melakukan observasi dan kalau memang perlu dirujuk maka kami sudah mempersiapkan mobil ambulance yang siap membawa pasien ke rumah sakit rujukan,” jelasnya.

Kendati demikian, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulawesi Selatan ini baru memiliki dua unit drone yang akan digunakan dalam mendeteksi suhu tubuh dalam mencegah penyebaran virus Corona di Sulsel.

“Untuk saat ini kami menyiapkan dua unit drone yang dilengkapi dengan tim khusus yang terdiri dari dokter dan petugas medis,” pungkasnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya