Pj Walikota Ingatkan Bank dan Leasing Tidak Paksa Debitur Bayar Cicilan Kredit

30 March 2020 20:05
Pj Walikota Ingatkan Bank dan Leasing Tidak Paksa Debitur Bayar Cicilan Kredit

POSMAKASSAR.COM – Penjabat (Pj) Walikota Makassar, Iqbal Suhaeb mengingatkan bank dan leasing agar tidak memaksa debitur membayar cicilan kredit selama masa tanggap darurat Covid-19. Iqbal menegaskan, ini sudah disepakati kolektif berbagai unsur.

“Bank dan leasing tidak bisa memaksakan orang untuk membayar kredit. Sebab perputaran ekonomi tidak berjalan baik,” tegas Iqbal saat diwawancarai usai menerima secara simbolis tempat cuci tangan di Kanre Rong Karebosi, Senin (30/3/2020).

Menurutnya, keputusan ini sudah diambil bersama. Otoritas terkait seperti OJK, perbankan dan unsur pemerintah sepakat dengan keputusan itu.

“Ini tindak lanjut dari keputusan presiden. Semua harus taat,” jelas Iqbal.

Ia menjelaskan, kalau perputaran ekonomi tidak ada, usaha setop karena kita menjaga physical disctancing, tidak bisa memaksakan orang untuk membayar kredit. Menurut Iqbal, kredit itu tergantung dari perputaran usaha.

“Jadi tidak boleh dipaksakan. Situasi ekonomi tidak kondusif selama masa physical disctancing,” paparnya.

Iqbal juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi dan OJK untuk membahas hal ini

“Kemarin kami sudah rapat dengan Bank Indonesia (BI) dan OJK dengan menggunakan Video Conference, termasuk itu yang dibicarakan,” ucapnya.

Ia pun sangat mengapresiasi usulan pemerintah pusat atas kebijakan ini. Ia mengaku akan berusaha menjalankan imbauan ini di kota Makassar.

“Sebenarnya untuk penangguhan kredit ini kami sangat apresiasi, terutama yang di bawah 10 M, kami sangat apresiasi,” tutupnya.(*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya