Pasien Positif Corona di Sulsel Bertambah, Makassar Menjadi Daerah Penyebaran Terbanyak

04 April 2020 10:06
Pasien Positif Corona di Sulsel Bertambah, Makassar Menjadi Daerah Penyebaran Terbanyak

POSMAKASSAR.COM – Jumlah pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Sulsel mengalami penambahan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sulsel Muhammad Ichsan Mustari mengatakan,
hingga Jumat (3/4/2020), terdapat penambahan kasus 14 pasien positif. Sebelumnya 66 pasien, dan kini menjadi menjadi 80 pasien.

Penambahan pasien tersebut, kata dia, diketahui sebanyak 13 orang diantaranya berasal dari Kota Makassar dan 1 orang dari Kabupaten Pinrang.

“Hari ini kita melakukan sebanyak 114 spesimen yang telah diperiksa di BBLK dan Lab Unhas. Dimana 14 orang positif Covid-19, jadi perpindahan virus antar warga Makassar lebih banyak,” kata Ichsan dalam video conference, Jum’at (3/4/2020) malam..

Sementara, 1 orang tambahan dari Kabupaten Pinrang, kata Ichsan, merupakan klaster dari perjalanan ibadah umroh. Saat ini, pihaknya masih melakukan tracing kepada pihak keluarga pasien.

“Tentu strategi kita lebih pada penguatan local transmision, karena dengan itu bisa kita putuskan rantai Covid-19 dengan terus melakukan phsycal distancing,” ujarnya.

Ia menyebut, proses penularan Covid-19 ini melalui cara dari hidung orang sakit ke orang yang ditulari, dan kontak jarak yang terlalu dekat.

“Setelah itu melalui tangan bersentuhan dengan virus yang ada di sesuatu dan setelah itu memegang area muka wajah apakah mulut atau hidung. Sebisa mungkin kegiatan yang kontak fisik bisa dihindari dulu,” pungkasnya.

Hingga saat ini, kasus positif Covid-19 terbanyak di Kota Makassar dengan 52 orang, kemudian Gowa 13 orang, Maros 7 orang, Sidrap 3 orang, Pangkep 1 orang, Pinrang 2 orang, Bulukumba 1 orang, dan Luwu Timur 1 orang. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya