Delapan Orang Rombongan Bupati Morowali Utara ke Makassar Disebut Positif Corona

08 April 2020 20:05
Delapan Orang Rombongan Bupati Morowali Utara ke Makassar Disebut Positif Corona

POSMAKASSAR.COM – Delapan orang yang mengantar Bupati Morowali Utara, Aptripel Tumimomor ke rumah sakit di Makassar, Sulawesi Selatan, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Kini kedelapan orang tersebut, tengah menjalani perawatan medis dan proses isolasi.

Hal tersebut disampaikan Jubir Penanganan dan Pencegahan COVID-19 Dinkes Sulteng, dr Jumriani saat dikonfirmasi pada Rabu (8/4/2020). Mereka dinyatakan positif setelah hasil swab keluar.

“Mereka positif dari hasil pemeriksaan 
swab di rumah sakit rujukan penanganan pasien virus Corona di Makassar,” kata dr Jumriani saat dihubungi wartawan via telepon.

Dia menyebut kedelapan pasien saat ini sementara menjalani diisolasi. Menurutnya, laporan hasil swab mereka belum dikirimkan ke Pemda Sulteng.

“Untuk data kedelapan orang tersebut, kami belum ketahui akan digabungkan ke pasien positif yang berada di Sulsel atau di Makassar,” ucapnya.

Dari informasi yang diperoleh, delapan orang dekat almarhum Bupati Morowali Utara, Aptripel Tumimomor ini, sempat ikut dalam perjalanan rombongan saat almarhum Bupati dirujuk dari RS Kolonodale Morut ke Rumah Sakit Dr Wahidin Sudirohusodo.

Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor meninggal saat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit dr Wahidin Sudirohusodo, Makassar. Dia juga terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19). Dia meninggal pada 2 April 2020.

Sementara itu, pihak Manajemen GMTD yang dikonfirmasi terkait informasi yang beredar di jejaring sosial whatsapp, bahwa delapan orang rombongan Bupati Morowali Utara itu tengah dirawat di salah satu rumah di Cluster Osaka kawasan Tanjung Bunga, membenarkan bila rombongan tersebut sementara menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat oleh Tim Satgas.

“Sejak semalam (Selasa 07/04/2020), banyak berita simpang siur yang kemudian berpotensi untuk menimbulkan kekhawatiran pada warga Tanjung Bunga. Sebelumnya memang diketahui bahwa seminggu lalu pasien positif Covid-19 dari Morowali Utara yang meninggal dunia. Tetapi kemudian delapan orang anggota keluarga itu berinisiatif untuk melakukan isolasi mandiri dengan persetujuan dari Tim Satgas Covid-19. Jadi, mereka pulang ke huniannya di Cluster Osaka Tanjung Bunga,” papar Associate Director A. Eka Firman Ermawan, Rabu (8/4/2020).

Township Management Development (TMD) GMTD, kata dia, juga ingin meluruskan pemberitaan kepada warga, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 dan pihak terkait lainnya untuk menangani warga Cluster Osaka tersebut.

“GMTD telah berkoordinasi ke pihak terkait, bahkan kami menyampaikan situasi ini kepada Pj Walikota serta meneruskan permintaan warga Tanjung Bunga lainnya. Tetapi arahan beliau, karena ke delapan orang positif covid-19 ini menunjukkan kondisi yang baik tanpa gejala berat, sehingga arahan pertama Tim Satgas Covid-19 adalah isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan ketat oleh Tim Satgas,” lanjut Eka.

Untuk logistik bahkan disupport oleh Tim Satgas. Total anggota keluarga yang saat ini dalam pengawasan adalah tujuh orang di Cluster Osaka, dan satu orang isolasi mandiri dengan persetujuan tim dokter satgas di rumah pribadinya.

Selain itu, lanjutnya, tindak lanjut yang dilaksanakan GMTD menyikapi kejadian ini adalah, akses ke cluster-cluster di kawasan Tanjung Bunga akan diperketat, khususnya Cluster Osaka. Tiap pihak yang akan masuk cluster akan kami ukur suhu tubuhnya. GMTD juga akan distribusikan masker ke warga dalam waktu dekat. Penyemprotan Disinfektan rutin kami jalankan, dan akan kami tingkatkan kembali.

“Kami terus berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid-19, memantau perkembangan serta menghimbau warga Tanjung Bunga mendukung arahan Pemerintah agar tetap dirumah saja. Kami berharap agar warga Tanjung Bunga tidak panik dan sekali kami tegaskan bahwa mereka ini di awasi ketat oleh Tim Satgas Covid-19, polsek dan Koramil Tamalate,” kunci Eka. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya